free page hit counter

Cara Presiden Soekarno hingga Jokowi Menjawab Tantangan Ada di Pameran Arsip dan Mobil Kepresidenan RI

Loading...

Suarasiber.com – Kemensetneg kembali menggelar Pameran Arsip dan Mobil Kepresidenan RI, yang dibuka oleh Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, di Lobby Selatan Gedung Sarinah Jakarta, pada Sabtu (13/8/2022).

Kegiatan untuk memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2022 ini mengangkat judul “Indonesia Menjawab”.

Pengunjung bisa menyaksikan koleksi arsip Kemensetneg berbentuk dokumen, foto, video dokumenter, dan memorabilia. Di sana dikisahkan bagaimana Presiden Soekarno hingga Presiden Joko Widodo dengan caranya masing-masing menjawab tantangan dan ujian yang datang silih berganti menerpa Indonesia dan dunia.

Mengutip keterangan resmi Kemensetneg, koleksi arsip yang dipamerkan tahun ini lebih menekankan pada cerita bagaimana Presiden Soekarno membawa bangsa Indonesia menjadi bangsa yang merdeka, tidak saja merdeka dari belenggu penjajahan, tapi juga belenggu kebodohan.

Juga bagaimana Presiden Soeharto yang berupaya mengendalikan laju populasi di Indonesia melalui Program KB dan mengatasi laju inflasi melalui Gerakan Gemar Menabung. Presiden Habibie meletakkan dasar/pondasi demokrasi di Indonesia melalui kebijakan kebebasan Pers.

Sementara di era Presiden Abdurrahman Wahid, menunjukkan kebijakan-kebijakan yang ditempuh dalam upaya menjaga integrasi NKRI dan penyatuan keberagaman. Sementara itu, era Presiden Megawati arsip yang ditampilkan menggambarkan tonggak sejarah terwujudnya Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden secara langsung serta upaya pemberantasan korupsi dan terorisme. Sedangan Presiden SBY, arsip yang ditampilkan adalah upaya untuk mempertahankan stabilitas ekonomi pasca bencana Tsunami Aceh.

Terakhir, yang tentu masih lekat dalam dalam ingatan kita, adalah bagaimana Presiden Joko Widodo berupaya mengendalikan dan mengatasi pandemi COVID-19 yang mengancam stabilitas ekonomi bangsa. Dalam arsip-arsip yang ditampilkan, tergambar bagaimana Presiden Joko Widodo memimpin langsung untuk menjawab tantangan pandemi ini.

Selama pameran hingga 22 Agustus 2022 pengunjung bisa menyaksikan koleksi mobil kepresidenan. Pameran dibuka untuk masyarakat umum. (zainal)

Editor Nurali Mahmudi

Loading...