free page hit counter

Gubernur Lakukan Beragam Terobosan, Kunjungan Wisman ke Kepri Naik Signifikan

Loading...

Suarasiber.com – Berbagai upaya yang dilakukan Pemprov Kepri dan jajarannya bersama pemerintah pusat terhadap pemulihan dunia wisata menunjukkan hasil. Jumlah kunjungan wisman pun meningkat signifikan.

Data BPS Kepri, wisman masuk ke Kepri selama Mei 2022 mencapai 23.842 kunjungan pasca pandemi.

Jumlah tersebut meningkat 101,93 persen dibanding bulan sebelumnya. Sementara itu, jika dibandingkan dengan Mei 2021, terjadi peningkatan sebesar 8.896,98 persen.

Palancong asing Januari – Mei 2022 didominasi WN Singapura mencapai 46,47 persen.

Tingkat Penghunian Kamar (TPK) hotel berbintang pada bulan Mei 2022 rata-rata 37,11 persen atau naik 9,90 poin dibanding TPK April 2022 yang tercatat sebesar 27,21 persen.

Rata-rata lama menginap tamu asing dan tamu Indonesia pada hotel berbintang pada bulan Mei 2022 tercatat sebesar 1,96 hari atau naik 0,46 poin dibanding dengan bulan April 2022.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad bersyukur atas kondisi tersebut. “Sejak awal kita semua mengetahui, pandemi covid-19 telah memporakporandakan perekonomian Kepri hingga minus 3,5 persen. Dan sektor yang paling terdampak adalah sektor pariwisata,” terang Gubernur Ansar.

Akibatnya, banyak hotel, resort dan restoran tutup. Mengakibatkan pengangguran bertambah, karena banyak karyawan yang dirumahkan. Hal itulah yang menurut Ansar menjadi alasan untuk berpikir mencari solusinya.

Namun upaya pemulihan tadi membutuhkan kerja sama dengan banyak pihak. Seperti FKPD, Ormas, LSM, instansi pemerintah lannya, vertikal maupun horizontal. Dan tentunya dengan komunikasi, koordinasi dan konsolidasi yang intens, hingga ke tingkat pusat. (zainal)

Editor Yusfreyendi

Loading...