Gembiranya Masyarakat Anambas, Salat Id Bersama Gubernur, Tuan Rumah MTQ dan Sapi Jokowi

Loading...

Suarasiber.com – Lebaran Idul Adha 2022 kali ini, masyarakat Kabupatan Kepulauan Anambas bergembira. Gubernur Kepri Ansar Ahmad sengaja berlebaran di sini, dan menjadi khatib salat Idul Adha.

Sabtu (9/7/2022) Gubernur Ansar dan rombongan meninjau lokasi bakal diselenggarakannya MTQ Tingkat Provinsi Kepri di Masjid Agung Baitul Ma’mur, Tarempa. Gubernur didampingi Bupati Anambas Abdul Haris mengelilingi astaka yang sudah 80 persen selesai.

Gubernur Ansar yakin perhelatan MTQ IX Provinsi Kepri bisa sukses diselenggarakan di Anambas.

“MTQ ini sebenarnya kegiatan syi’ar Al-Qur’an, jadi inti fokusnya ada di kebersamaan. Kita mau MTQ kali ini benar-benar berkualitas dan objektif, dan saya yakin Anambas sebagai tuan rumah bisa membuktikan hal itu,” ujar Gubernur Ansar.

Dampak MTQ yang diharapkan ialah bisa meningkatkan perekonomian masyarakat. Selama MTQ akan banyak tamu datang.

Kadiskominfo Kepri, Hasan SSos yang turut menyertai kunjungan kerja Gubernut ke Anambas di atas sepeda motor melintasi sebuah jembatan. Foto – diskominfo kepri

Sementara itu, Abdul Haris optimis persiapan MTQ tingkat provinsi di Anambas bisa diselesaikan tepat waktu. Dirinya pun mengajak seluruh masyarakat Anambas khususnya Tambelan bisa mensukseskan ajang bergengsi ini dengan memberikan kenyamanan bagi tamu yang datang.

“Mari kita manfaatkan momen ini sebaik-baiknya untuk menunjukkan wajah Anambas yang ramah dan terbuka untuk semua, kita buat tamu yang hadir merasa betah dan ingin berkunjung ke Anambas lagi,” kata Abdul Haris.

Dari lokasi MTQ, Gubernur Ansar dan rombongan pindah ke Desa Tiangau, Kecamatan Siantan Selatan. Di sini diserahkan sapi kurban dari Pemprov Kepri.

Kabupaten Kepulauan Anambas pada Idul Adha 1443 H tahun ini mendapatkan bantuan sapi kurban dari Pemprov Kepri sebanyak empat ekor sapi. Sama dengan yang diterima Pemkot Batam.

Tahun ini Pemprov Kepri menyerahkan sapi kurban untuk Pamkot dan Pemkab se-Kepri. Selain Anambas dan Pemkot Batam, juga diserahkan 7 ekor sapi ke Pemkab Bintan, 8 ekor sapi ke Pemkot Tanjungpinang, 3 ekor sapi ke Karimun, 2 ekor sapi untuk Pemkab Lingga dan 2 ekor juga untuk Pemkab Natuna.

Kegembiraan masyarakat Anambas juga dikarenakan pada salat Idul Adha, Ahad (10/7/2022) Gubernur Ansar sendiri akan menjadi khatib.

Malam menjelang Idul Adha, Gubernur Kepri juga berkesempatan melepas pawai takbir. Sementara usai salat Idul Adha, Gubernur menyerahkan dua ekor sapi dari Presiden Joko Widodo. Tahun ini, sapi bantuan Presiden diserahkan Pemprov untuk dipotong di Masjid Jami’ Baiturrahim Tarempa, untuk selanjutnya dibagikan ke masyarakat Tarempa dan sekitarnya.

“Sapi kurban dari Presiden Jokowi untuk Provinsi Kepri kita alokasikan untuk masyarakat di daerah perbatasan gerbang utara NKRI yang tentunya lebih membutuhkan bantuan kurban karena esensi Idul Adha itu ada di pengorbanan dan keihklasan,” tukas Gubernur Ansar. (jlu/zainal)

Editor Yusfreyendi

Loading...