Pemkab Anambas Serahkan 16 Pompong untuk Nelayan

Loading...
Banner Anambas Kiriman

ANAMBAS (suarasiber) – Pemkab Anambas menyerahkan bantuan berupa 16 pompong dan bubu kepada nelayan yang dilaksanakan di Pelabuhan Bayat, Desa Bayat, Kecamatan Siantan Utara, Kabupaten Kepulauan Anambas, Jumat kemarin (29/11/2019).

Penyerahan bantuan dilakukan oleh Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris bersama Wakil Bupati Kepulauan Anambas Wan Zuhendra. Pompong bantian ini bermesin 3 GT.

Secara terperinci, bantuan tersebut untuk nelayan di 8 kecamatan yang ada di Anambas yakni, Kecamatan Siantan 2 unit, Siantan Timur 2 unit, Siantan Selatan 2 unit, Siantan Utara 2 unit, Palmatak 1 unit, Siantan Tengah 4 unit, Jemaja 1 unit, Jemaja Barat 1 unit, dan Jemaja Timur 1 unit.

“Bantuan pompong untuk nelayan ini adalah bentuk kepedulian kita terhadap para nelayan, guna meningkatan pendapatan para nelayan semakin lebih baik lagi,” kata Haris.

Bantuan diberikan secara bertahap sesuai kemampuan keuangan daerah, sehingga Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas berharap agar peralatan yang diberikan dapat digunakan para kelompok nelayan secara teratur dan dirawat agar pemanfaatannya dapat awet dan jauh lebih lama.

Diketahui bahwa Desa Bayat adalah pulau yang berada di Utara wilayah Siantan. Dikenal dengan kekayaan alam dan bawah lautnya.

Haris berharap seluruh masyarakat dan nelayan sama-sama membantu pemerintah meningkatkan PAD, kesejahteraan masyarakat, mewujudkan ketahanan pangan dan meningkatkan sinergitas antar kelompok nelayan dengan aparat keamanan di wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas dengan menjaga keamanan wilayah laut Anambas.

“Tujuan kita berikan bantuan pompong ini untuk meningkatkan ekonomi masyarakat pesisir, diharapkan para nelayan dapat meningkatkan ekonomi keluarganya dalam rangka pembinaan, serta dapat sejahtera,” ucap Kepala Dinas Perikanan Pertanian dan Pangan Kabupaten Kepulauan Anambas Effi Sjuhari SSos.

Kepala Bidang (Kabid) Perikanan Kabupaten Kepulauan Anambas, Samsuherman bersyukur sekali dengan bantuan yang diberikan Pemkab Anambas.

“Pompongnya sudah langsung dicoba tadi dengan dan dibawa pulang oleh penerima pompong dengan dijalankan langsung,” tegasnya. (hs)

Loading...