Ansar: Jangan Sampai Keikusertaan Perempuan Hanya Meramaikan Pencalonan Legislatif

Loading...

Suarasiber.com – Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengajak kaum perempuan mengambil peran strategis guna melaksanakan fungsi keterwakilannya  di perlemen.

Karena keterwakilan kaum perempuan sangat penting, guna mewarnai kemajuan demokrasi di Indonesia.

“Terlebih ada peluang keterwakilan mereka hingga 30 persen,” kata Gubernur Ansar saat membuka acara Sosialisasi Peningkatan Kapasitas Politik Kaum Perempuan di Provinsi Kepri, Beverly Hotel Kota Batam, Kamis (21/7/2022).

Keterwakilan perempuan dalam parlemen sesuai amanah Undang Undang Nomer 2 Tahun 2011 Pasal 2 dan 29 tentang partai politik.

Namun yang terjadi di lapangan, sering kali calon kaum perempuan tidak bisa bersaing dengan calon laki laki.

“Biasanya ini terkait dengan masalah dukungan, modal hingga urusan ketenaran. Tapi terlepas dari itu, asal ada keseriusan,  kaum perempuan akan punya cara dan  strategi  terbaik dan terhormat,  untuk bisa lolos menjadi anggota dewan,” ujar Ansar.

Pemerintah akan terus mendorong kaum perempuan melalui pendidikan politik. Agar mereka terlibat dan melibatkan diri di bidang politik dengan bergabung bersama partai politik.

Tujuannya agar memiliki kesempatan kesetaraan gender bersama kaum laki-laki di parlemen.

Ansar berpesan agar keikutsertaan kaum perempuan  sekedar mermaikan saat pencalonan semata. Harus benar benar totalitas, untuk bisa duduk sebagai anggota di parlemen.

Dengan jumlah penduduk 270 juta orang, Ansar mengatakan keterwakilan perempuan masih jauh dari kata berimbang. “Ini menjadi tugas kaum perempuan ke depan untuk mengisinya,” ungkap Gubernur Ansar.

Sementara itu Plt Kesbangpol Provinsi Kepri Lamidi mengatakan, kegiatan ini mempertemukan politikus perempuan serta ormas seperti FKPI dan BEM yang diwakili unsur perempuan dengan total lebih dari 100 peserta. (fik/zainal)

Editor Nurali Mahmudi

Loading...