Bappenas Dukung Revitalisasi Penyengat dengan Syarat Zero Carbon

Loading...

Suarasiber.com – Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional bersedia mendukung revitalisasi Pulau Penyengat.

Namun Bappenas mengajukan syarat yang harus dipenuhi.

“Dukungan tersebut diberikan hanya jika Pulau Penyengat menjadi pulau Zero Carbon,” ujar Gubernur Kepri, Ansar Ahmad saat rapat pembahasan sejumlah proyek strategis di Gedung Daerah, Tanjungpinang, Minggu (12/6/2022).

Gubernur memberi arahan, nanti secara bertahap bentor yang beroperasi di Pulau Penyengat akan diganti dengan motor listrik. Tidak hanya ramah lingkungan tapi juga bisa menambah daya tarik wisatawan datang.

Sementara terkait dengan revitalisasi Masjid Raya Sultan Riau, Dinas PUPR sebagai penanggungjawab proyek tersebut terus melakukan koordinasi dengan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Batusangkar.

Koordinasi diperlukan untuk memastikan proses revitalisasi Masjid Raya Sultan Riau tidak merusak nilai cagar budaya.

Setidaknya ada tujuh item yang akan masuk dalam proses revitalisasi Masjid Raya Sultan Riau di Penyengat, yaitu:

  • Pemasangan Videotron di depan masjid
  • Perbaikan sarana dan prasarana tempat wudu dan toilet
  • Pengecatan masjid
  • Penggantian aksesoris
  • Penataan ruang terbuka hijau
  • Optimalisasi ruang dokumenter
  • Perbaikan menara masjid.

Turut hadir dalam rapat tersebut Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Luki Zaiman Prawira, Kepala Bandara Raja Haji Abdullah (RHA) Karimun Fanani Zuhri, Kepala Dinas PUPR Abu Bakar.

Juga ada Kepala Dinas Permukiman dan Perumahan Said Nursyahdu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Hasan, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Herry Andrianto, Kepala Dinas Perhubungan Junaidi, dan sejumla kepala OPD Pemprov Kepri lainnya. (jlu/mit/zainal)

Editor Yusfreyendi

Loading...