Harkitnas, Gubernur Ansar: Kita Harus Bangkit dengan Semangat Boedi Oetomo

Loading...

Suarasiber.com – Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke – 114 tahun 2022 tingkat Provinsi Kepri dilaksanakan dengan beragam kegiatan.

Jumat (20/5/2022) Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad beserta jajarannya berziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Pusara Bhakti, Jalan Gatot Subroto, Tanjungpinang, Jumat (20/5/2022).

“Sudah semestinya kita menghormati para pahlawan yang telah gugur untuk memperjuangkan negara Indonesia dari tangan penjajah. Mari kita mendoakan mereka agar ditempatkan di sisi Tuhan YME, dan kita isi hasil peejuangan mereka dengan pembangunan yang nermanfaat,” kata Gubernur Ansar.

Pusara pertama yang didatangi ialah mendiang almarhum Drs. H. Muhammad Sani.

Di hari yang sama juga dilaksanakan upacara bendera di halaman Kantor Gubernur Kepri, Tanjungpinang.

Gubernur Ansar membacakan sambutan tertulis Menteri Komunikasi dan Informatika RI Johnny G. Plate.

“Insyaallah kita akan mengakhiri perjuangan menghadapi pandemi Covid-19, makanya saat kita harus bangkit dengan semangat Boedi Oetomo di masa lalu maka spirit kebangkitan nasional yang kita peringati untuk memicu recovery kesehatan dan perekonomian,” kata Gubernur Ansar.

Boedi Oetomo disebut karena peringatan Harkitnas setiap tahun tak bisa lepas dari lahirnya organisasi ini.

Semangat persatuan yang digagas oleh Boedi Oetomo diharapkan menjadi spirit dalam menghimpun kekuatan dan mencegah perpecahan bangsa.

Boedi Oetomo adalah organisasi pertama di Indonesia yang bersifat nasional dan modern dalam sejarah pergerakan kemerdekaan.

“Kiranya, semangat Boedi Oetomo masih relevan untuk kita kontekstualisasikan pada kehidupan berbangsa saat ini,” kata Gubernur Ansar.

Di momen peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini pula, Gubernur Ansar mendorong generasi muda Kepri untuk terus meningkatkan kualitas agar bisa memiliki daya saing dalam menghadapi persaingan global. (jlu/mit/eko)

Editor Yusfreyendi

Baca berita suarasiber.com lainnya di GOOGLE NEWS atau BABE

Loading...