Puluhan Mobil Pemudik dari Kepri Bergerak Menuju Jawa

Loading...

Suarasiber.com – Tradisi tahunan menjelang lebaran kembali dilakukan oleh sejumlah warga Tanjungpinang dan Batam, Provinsi Kepri. Mereka mudik ke Jawa melalui jalur darat.

Mudik Ceria Idul Fitri 1443 Hijriyah tahun 2022 sudah berangkat dari Tanjungpinang pada Ahad (24/4/2022).

“Pada hari ini, rombongan sudah sampai di Kualatungkal, Jambi,” tutur Rudi, perantau asal Jawa di Tanjungpinang yang tahun ini absen.

Namun ia selalu menerima laporan perjalanan teman-temannya. Mudik Ceria tahun ini dikoordinatori Bambang Purnomo dibantu Aa Lutfi.

mudik cerita 2022 2
Kendaraan pemudik Kepri ke Jawa melintasi jalan di Kualatungkal, Jambi. Foto – istimewa

Berdasarkan informasi yang diterima Rudi, rombongan Mudik Ceria 2022 yang berangkat dari Tanjungpinang bertemu dengan rombongan pemudik asal Jawa yang berangkat dari Batam di Kualatungkal.

Dari sini rombongan akan berjalan bersama menuju Jawa.

Jumlah kendaraan yang mudik dari Kepri ke Jawa kali ini cukup banyak lantaran selama dua tahun kemarin terkendala pandemi Covid-19.

Meski rombongan ini tak tergabung dalam satu komunitas, namun ikatan persudaraan antarpemudik sangat kuat. Bahkan hingga mereka balik lagi ke Kepri.

Rudi menuturkan, mereka yang pernah mudik bersama lewat jalur darat sekembalinya ke Kepri akan tetap terhubung.

“Jadi kalau ada yang punya hajatan, sunat atau menikah dan acara lain, kami datang sebagai saudara atau teman dekat,” ujar Rudi.

mudik cerita 2022 1
Semua mudik dengan hati gembira dengan tetap menjaga satu sama lain di perjalanan. Pakai masker tidak dilupakan. Foto – istimewa

Tidak ada syarat khusus untuk bergabung dalam mudik bareng dari Kepri ke Jawa ini. Hanya memberitahu koordinatornya serta mengecek kendaraannya secara maksimal karena akan dipakai jalan jauh.

Perjalanan juga dilakukan dengan gembira karena jika ada masalah terhadap satu mobil, yang lain akan membantunya.

Demikian juga saat berhenti untuk beristirahat, dilakukan komunikasi sehingga tak ada anggota rombongan yang tercecer.

Hingga berita ini diturunkan, rombongan masih meneruskan perjalanan. (zainal)

Editor Yusfreyendi

Loading...