Rahma dan Forum RT/RW Tanam Pohon, Ternyata Sudah Dicanangkan di Era Pak Harto

Loading...

Suarasiber.com – Wali Kota Tanjungpinang, Hj Rahma SIP dan pengurus Forum RT/RW Bukit Bestari menanam pohon di sekitar Jalan Aisyah Sulaiman, Kamis (3/3/2022).

Tanam pohon ini untuk mendukung Hari Perencanaan Gerakan 1 juta Pohon. Ada puluhan bibit pohon yang ditanam bersama.

Kegiatan ini dikemas sangat hangat sehingga berlangsung seru. Selain ditanam di lokasi, lurah se-Kecamatan Bukit Bestari juga mendapatkan jatah untuk ditanam di lingkungan mereka masing-masing.

Rahma sangat mengapresiasi kegiatan yang digagas oleh Forum Komunikasi RT/RW Kecamatan Bukit Bestari. Penanaman pohon sangat bagus untuk meningkatkan kualitas lingkungan hidup dan antisipasi bencana alam.

“Mari kita ajak masyarakat berperan serta menanam pohon dimulai dari pekarangan rumah dan lingkungan sekitar rumah,” ujar Rahma.

Rahma berharap, pohon yang ditanam dapat tumbuh dan dapat bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan.

Bibit pohon yang ditanam kali ini berupa pucuk merah, rambutan, sirsak dan cempedak yang merupakan bantuan dari BPDASHL Sei Jang Duriangkang.

Gerakan Sejuta Pohon

Melansir asahankab.go.id, pohon menjadi perhatian dunia, sehingga ada Hari Gerakan Satu Juta Pohon Sedunia yang diperingati setiap 10 Januari.

Peringatan ini mengajak masyarakat untuk terus melestarikan pohon yang sangat berperan penting bagi kehidupan manusia.

Kegiatan yang dapat dilakukan dalam rangka upaya peringatan hari tersebut diantaranya melakukan penanaman pohon di berbagai tempat.

Di Indonesia, gerakan ini pertama kali dicanangkan oleh Presiden Soeharto di Jakarta pada tanggal 10 Januari 1993.

Dalam pidato yang disampaikan, Presiden Soeharto mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk ikut melakukan Gerakan Satu Juta Pohon yakni menanam pohon sampai melampaui satu juta di tiap provinsi.

Melalui gerakan menanam pohon ini, permasalahan pemanasan global diharapkan dapat teratasi. Hal ini dikarenakan sinar atau cahaya matahari akan banyak diserap oleh pohon melalui fotosintesis.

Sebagai bentuk rasa kepedulian terhadap lingkungan, warga dapat memulai dengan menanam pohon di lingkungan rumah, kemudian merawat demi kelestarian lingkungan. (zainal)

Editor Yusfreyendi

Loading...