Hari ke-12 Perang, Rusia Rilis Daftar Negara Dianggap Tak Bersahabat

Loading...

Suarasiber.com – Perang Rusia – Ukraina masih berlangsung. Di tengah jalannya perang, atau hari ke-12, pemerintah Rusia resmi merilis daftar negara yang dianggap tidak bersahabat.

Tidak bersahabat ini dipakai untuk mewakili tindakan negara yang melakukan tindakan-tindakan tidak bersahabat terhadap Rusia, baik perusahaan maupun warga negaranya.

Melansir Newsweek, mengutip Kantor Berita Rusia, TASS News Agency, daftar yang dikeluarkan itu sudah mendapatkan persetujuan pemerintah Federasi Rusia.

Berikut ini adalah negara-negara yang dianggap Rusia tidak bersahabat: Australia, Albania, Andorra, Inggris, termasuk Jersey, Anguilla, British Virgin Islands, Gibraltar.

Juga negara-negara anggota Uni Eropa, Islandia, Kanada, Liechtenstein, Mikronesia, Monaco, Selandia Baru, Norwegia, Republik Korea (Korea Selatan), San Marino, Makedonia Utara, Singapura.

Berikutnya Amerika Serikat, Taiwan, Ukraina, Montenegro, Swiss, Jepang.

Ditulis TASS News Agency, pengumuman ini diunggah oleh website pemerintah Rusia. Dalam dekrit ini diperjelas, negara-negara di atas menerapkan atau bergabung dengan negara lain menjatuhkan sanksi terhadap Rusia.

Kepada perusahaan atau perorangan dari negara-negara itu, Rusia akan memberlakukan izin khusus yang harus disetujui Komisi Pengendalian Investasi Asing.

Melansir detik.com, dekrit juga mencantumkan setiap warga negara dan perusahaan Rusia, termasuk perusahaan negara, wilayah dan kota yang memiliki kewajiban valuta asing terhadap kreditor asing dari negara-negara yang tidak bersahabat, akan bisa membayarnya dalam mata uang Rusia, Ruble.

Prosedur sementara ini berlaku untuk pembayaran melebihi 10 juta Ruble per bulan, atau jumlah yang sama dalam mata uang asing. (zainal)

Editor Ady Indra Pawennari

Loading...