Hayo, Siapa Pemilik 15 Laptop yang Ditemukan Ditpam BP Batam di Pelabuhan?

Loading...

Suarasiber.com – Jajaran Petugas Direktorat Pengamanan Aset BP Batam menemukan 15 unit laptop di Pelabuhan Ferry Domestik Sekupang.

Anehnya, benda yang ditemukan pada Desember 2021 ini belum juga diketahui siapa pemiliknya hingga saat ini.

Menurut Kepala Sub. Dit. Pengamanan Aset Dan Obyek Vital, S.A. Kurniawan, ke-15 laptop tadi kini diamankan di Kantor Ditpam BP Batam.

“Laptop tersebut ditemukan di Ruang Tunggu Pelabuhan Ferry Domestik Sekupang,” ujarnya, Kamis (3/2/2022).

Saat ditemukan, petugas mencoba mencari tahu siapa pemiliknya namun tak ada yang mengakuinya.

“Kami masih menunggu klarifikasi dan bukti atas kepemilikan barang tertinggal tersebut,” kata Kurniawan.

Ia menambahkan, selama ini petugas Direktorat Pengamanan Aset BP Batam di Pelabuhan hanya mengamankan dan memeriksa barang-barang yang diduga dapat membahayakan di Lingkungan pengawasan Ditpam BP Batam.

Terkait dugaan pelanggaran, Kurniawan menyebut ada indikasi pelanggaran UU Nomor 17 Tahun 2006 tentang Kepabeanan jo PMK Nomor 34 Tahun 2021 tentang Pemasukan dan Pengeluaran Barang ke dan Dari Kawasan yang Telah Ditetapkan Sebagai Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas.

Menjelang akhir 2021 lalu, pihaknya bersama stakeholder terkait meningkatkan pengawasan terhadap produk-produk yg keluar dari kawasan Bebas di Pelabuhan.

Sehingga pencegahan dan penindakan terhadap keluarnya produk secara illegal tanpa mematuhi peraturan Kepabeanan bisa dioptimalkan. (zainal)

Editor Yusfreyendi

Loading...