Presiden Jokowi dan PM Singapura Dijadwalkan Bertemu di Bintan 25 Januari 2022

Loading...

Sarasiber.com – Gubernur Kepulauan Riau Ansat Ahmad SE MM menyebutkan jika Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong direncanakan bertemu di Bintan.

Pertemuan keduanya dijadwalkan pada 25 Januaei 2022 bertempat di Bintan Resort, Kabupaten Bintan.

Jokowi dan Lee akan membahas persoalan ekonomi antara kedua negara. Perihal pertemuan ini disampaikan oleh Ansar saat menghadiri zikir akbar dan kajian tasawuf di Masjid Jami Al Muhajirin, Tiban, Kota Batam, Sabtu (15/1/2021).

“Ke depan insyaallah kunjungan wisata di Provinsi Kepri akan kita upayakan untuk dibuka kembali,” sebut Ansar.

Namun pembukaan itu akan disertai pembatasan-pembatasan tertentu. Pertemuan kedua pemimpin negara tersebut diharapkan akan berpengaruh positif terhadap pemulihan ekonomi di tahun 2022.

Ansar mengatakan jika tahun 2022 merupakan tahun ekonomi bangkit di provinsi yang dipimpinnya.

Sebelumnya, upaya menggeliatkan dunia pariwisata di Kepri, khususnya Lagoi dan Bintan, terus dilakukan Pemprov Kepri. Misalnya menyiapkan berbagai hal tentang travel bubble.

Bahkan pada 13 Januari 2022 kemarin Mendagri melaunching vaksin booster di Kepri yang dilakukan di Batam. Mendagri juga mendukung rencana Pemprov Kepri memvaksin seluruh pekerja pariwata serta keluarganya dan warga yang berada di kawasan wisata untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Pada Desember 2021 lalu, Kepala Dinas Pariwisata Kepri Buralimar mengatakan soal Vaccinated Travel Lane (VTL). Yaitu jalur khusus wisata yang disediakan suatu negara kepada negara lainnya.

Turis yang berhak masuk ke negara tujuan tersebut pun mesti memenuhi kriteria tertentu, salah satunya telah menerima vaksinasi Covid-19 dosis penuh.

“Kepri menjadi pertimbangan pemerintah pusat maupun provinsi untuk penerapan VTL tadi,” ujar Buralimar.

Untuk diketahui, Kepri saat ini masuk tiga besar penyumbang pendapatan terbesar bagi negara dari sektor pariwisata setelah Jakarta dan Bali.

Hal senada disampaikan GGM PT Bintan Resort Cakrawala (BRC) Abdul Wahab yang mengatakan pihaknya masih menunggu skema VTL untuk Wisman yang datang ke Indonesia khususnya di Kawasan Lagoi Bintan.

Jika nanti pemerintah membuka pintu bagi wisman ke Lagoi, Abdul Wahab menyatakan kesiapannya. Ia bahkan mengatakan pihaknya sudah menyiapkannya 6 bulan lalu. (machfut)

Editor Yusfreyendi

Loading...