Pesan Roby di Hari Amak Bhakti: Jaga Toleransi Warisan Orang Tua Kita

Loading...

Suarasiber.com – Tasyakuran dan Temu Tokoh Umat Beragama dalam rangka Hari Amal Bhakti ke-76, Senin (03/01/2022) dimanfaatkan Plt Bupati Bintan untuk saling mengingatkan.

Bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bintan, Roby Kurniawan menyinggung pentingnya toleransi.

“Toleransi sudah menjadi bunga yang tumbuh di Bintan. Kita hidup dalam kerukunan, kedamaian dan keberagaman. Ini sudah menjadi akar budaya yang turun dari orang-orang tua kita,” kata Roby.

Hidup dalam kemajemukan masyarakat yang heterogen, menjadi warna tersendiri bagi Bintan. Hal ini juga diikuti dengan toleransi antar umat beragama yang ada.
Menjadi prisip yang cukup penting dalam tatanan masyarakat, bahwa toleransi di Bintan sangat dijunjung hingga saat ini.

Roby mengucapkan terima kasih kepada seluruh tokoh agama yang sudah menjaga kerukunan antar umat dan selalu menghadirkan kesejukan di masyarakat.

Apa Itu Toleransi

Melansir wikipedia, toleransi atau toleran secara bahasa kata ini berasal dari bahasa latin tolerare yang berarti dengan sabar membiarkan sesuatu.

Pengertian toleransi secara luas adalah suatu perilaku atau sikap manusia yang tidak menyimpang dari aturan, dimana seseorang menghormati atau menghargai setiap tindakan yang dilakukan orang lain.

Toleransi juga dapat berarti suatu sikap saling menghormati dan menghargai antarkelompok atau antarindividu (perseorangan) baik itu dalam masyarakat ataupun dalam lingkup yang lain.

Sikap toleransi dapat menghindari terjadinya diskriminasi, walaupun banyak terdapat kelompok atau golongan yang berbeda dalam suatu kelompok masyarakat.
Toleransi terjadi karena adanya keinginan-keinginan untuk sedapat mungkin menghindarkan diri dari perselisihan yang saling merugikan kedua belah pihak.

Contoh sikap toleransi secara umum antara lain menghargai pendapat mengenai pemikiran orang lain yang berbeda dengan kita, serta saling tolong-menolong antar sesama manusia tanpa memandang suku, ras, agama, dan antar golongan.

Istilah toleransi mencakup banyak bidang. Salah satunya adalah toleransi beragama, yang merupakan sikap saling menghormati dan menghargai antar penganut agama lain, seperti:

  • Tidak memaksakan orang lain untuk menganut agama kita;
  • Tidak mencela/menghina agama lain dengan alasan apapun; serta
  • Tidak melarang ataupun mengganggu umat agama lain untuk beribadah sesuai agama/kepercayaan masing-masing. (eko)

Editor Yusfreyendi

Loading...