Penipuan Baru via WhatsApp, Incar Akun Bank!

Loading...

Suarasiber.com – Semakin maju teknologi, semakin menggoda pelaku kejahatan untuk menggunakannya. Karenanya, kita sebagai pengguna teknologi harus waspada.

WhatsApp yang awalnya dibuat untuk aplikasi berbagi pesan pun tak luput dari niat penipu. Baru-baru ini dikabarkan kemunculan Rediroff, penipuan di WhatsApp yang akan menjebak Anda sebagai korban.

Mengutip News18, Rediroff disebar untuk mencuri data pribadi dan merampok keuangan korban. Yang diincar ialah detail bank dan kartu.

Tentu saja awalnya penipu mengirimkan tautan berupa spam di WhatsApp. Laporan CNBC menyebutkan sekelompok orang sudah menjadi korbannya.

Mereka tergoda rayuan mendapatkan hadiah natal dan tahun baru di masa liburan. Tanpa pikir panjang, link berisi spam yang mereka terima pun dibuka.

Sudah, ketika pesan dibuka maka calon korban diarahkan ke sebuah website berisi form yang harus diisi. Selain informasi nama, usia, alamat, penipu juga mmeinta informasi bank dan data pribadi lainnya.

Akibatnya, penipu bisa membuat transaksi palsu atau aktivitas ilegal lainnya. Bahayanya, penipu juga bisa menginstal aplikasi jahat di perangkat pengguna.

Ingat ya sobatsiber, jika menerima pesan dengan link ke Rediroff.ru langsung saja hapus. Nggak usahg penasaran dengan isinya. Apalagi tergoda.

Jahat itu! (eko)

Editor Yusfreyendi

Loading...