Aroma Jembatan Singapura-Kepri Menguar, Ansar: Batam-Bintan Tahun Ini

Loading...

Suarasiber.com – Ansar Ahmad, Gubernur Provinsi Kepulauan Riau mengatakan pembangunan jembatan Batam – Bintan, akan disegerakan tahun 2022 ini.

Pernyataan itu disampaikannya saat diwawancarai Chanel News Asia di Treasure Bay, Lagoi, Bintan, (28/01/2021).

Menurut Ansar keberadaan jembatan Batam – Bintan akan memperkuat posisi Kepri. Untuk menjalin hubungan dengan Singapura. Yang muaranya ke kesatuan ekosistem yang mumpuni di kawasan Kepri dan Singapura.

Meski tidak mengatakannya secara gamblang, namun Ansar mengisyaratkan suatu saat ini antara Singapura dengan Batam – Bintan juga akan terkoneksi (terhubung) langsung.

Koneksitas langsung antara Singapura dengan Batam – Bintan hanya mungkin terjadi jika ada jembatan. Saat ini koneksitas antara kedua wilayah dilakukan melalui jalur laut.

“Saya kira ketika suatu saat jembatan ini terbangun, bukan tidak mungkin Singapura dengan Bintan Batam ini bisa terkoneksi dengan satu koneksitas yang lebih baik dan lebih cepat.

Sehingga percepatan ekonomi akan terbantu dengan infrastruktur seperti itu,” tambah Ansar.

Selain rencana pembangunan jembatan Babin dan isyarat koneksitas langsung dua wilayah itu, Ansar juga menyebut adanya segudang potensi kerjasama antara Kepri dengan Singapura.

Antara lain di bidang industri dan pariwisata yang selama ini sudah berjalan. Yang kini dapat ditingkatkan dengan adanya Kawasan Ekonomi Khusus Nongsa Digital Park di Batam.

Selain itu, pariwisata kesehatan atau medical tourism juga jadi potensi lain yang bisa dikerjasamakan. Mengingat banyaknya warga Indonesia yang berobat keluar negeri. (zainal)

Editor Nurali Mahmudi

Loading...