10 Jembatan Terpanjang di Indonesia Tahun 2020, Rekornya Akan Dipecahkan di Kepri

Loading...

Suarasiber.com – Jembatan yang menghubungkan Pulau Batam dan Pulau Bintan yang panjangnya sekitar 7 Km, akan menjadi yang terpanjang di Indonesia. Dijadwalkan pembangunannya dimulai awal 2021 dan selesai sekitar tahun 2024.

Sekaligus, akan memecahkan rekor jembatan terpanjang di Indonesia. Sebelum jembatan itu jadi, untuk rekor saat ini jembatan terpanjang di Indonesia adalah jembatan Suramadu.

Selain itu, ada sejumlah jembatan lainnya yang termasuk terpanjang di Indonesia. Berikut profil singkat 10 jembatan terpanjang di Indonesia:

1. Jembatan Suramadu, Jatim

Jembatan ini panjangnya sekitar 5,43 Km dan menghubungkan Kota Surabaya di Pulau Jawa dengan Bangkalan di Pulau Madura.

Pembangunannya dimulai tahun 2003 atau di masa Presiden Megawati. Dan, selesai sekitar tahun 2009 di masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

2. Jembatan Dompak, Kepulauan Riau

Jembatan Dompak panjangnya sekitar 1,5 Km dan menghubungkan Kota Tanjungpinang di Pulau Bintan dengan Pulau Dompak, Kepulauan Riau, yang merupakan pusat pemerintahan Pemprov Kepri.

Ada tiga ruas jembatan yang menyatukan Kota Tanjungpinang dengan Pulau Dompak. Meski panjangnya hanya sekitar 1,5 Km, namun pembangunannya makan waktu sekitar 10 tahun. Dimulai tahun 2007 dan selesai tahun 2017.

3. Jembatan Tayan, Kalbar – Kalsel

Jembatan yang panjangnya sekitar 1,44 km ini melintang di atas Sungai Kapuas dan menghubungkan Kabupaten Sanggau di Provinsi Kalimantan Barat dengan Kalimantan Selatan.

Pembangunannya jembatan yang jadi bagian dari jalan Trans Kalimantan ini selesai tahun 2016 dan diresmikan Presiden Joko Widodo.

Disebu jembatan Tayan karena bentangannya melintasi Pulau Tayan di pulau kecil yang ada di tengah Sungai Kapuas. Dan, menjadi jembatan terpanjang di Pulau Kalimantan.

4. Jembatan Mahkota II, Kaltim

Jembatan ini panjangnya sekitar 1,42 Km terletak di Kota Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim). Dan, mulai dibuka untuk umum tahun 2017. Sekaligus, menjadi yang terpanjang kedua di Pulau Kalimantan.

Dikutip dari wikipedia.org, jembatan ini dinamakan Mahkota II (Mahakam Kota II) karena merupakan jembatan kedua yang dibangun di wilayah Kota Samarinda setelah Jembatan Mahakam (atau Mahkota I).

5. Jembatan Teluk Kendari, Sulawesi Tenggara

Jembatan yang kini jadi ikon Kota Kendari yang menghubungkan Kecamatan Poasia dengan kawasan pelabuhan Kota Lama itu, panjangnya sekitar 1,34 Km dan diresmikan Presiden Jokowi awal 2020.

Jembatan Teluk Kendari akan terhubung dengan jalan nasional dan jalan lingkar luar (Outer Ring Road) Kota Kendari sepanjang 40 Km yang menghubungkan Kota Kendari dengan Kawasan Industri di Kabupaten Konawe. Sebagaimana dirilis portal pu.go.id.

6. Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah, Siak, Riau

Jembatan yang melintang di atas Sungai Siak ini terletak di Kabupaten Siak dan panjangnya sekitar 1,19 Km.

Jembatan ini juga menjadi penghubung antara lokasi Kantor Bupati Siak di Desa Benteng Hulu di Kecamatan Mempura dengan lokasi Gedung DPRD Kabupaten Siak di Desa Rawang Air Putih di Kecamatan Siak yang dipisahkan oleh Sungai Siak.

Dikutip dari wikipedia.org, jembatan ini dibangun dengan tujuan memperlancar arus transportasi antara Kabupaten Siak dengan Kota Pekanbaru. Sehingga terdapat jalur alternatif melalui darat di samping melalui sungai.

7. Jembatan Merah Putih, Ambon, Maluku

Jembatan ini panjangnya sekitar 1,14 Km dan terletak di Kota Ambon, Maluku. Awal dibangun tahun 2011 dan selesai tahun 2016.

Jembatan ini membentangi Teluk Dalam Pulau Ambon, yang menghubungkan Desa Rumah Tiga (Poka) di Kecamatan Sirimau pada sisi utara, dan Desa Hative Kecil/Galala di Kecamatan Teluk Ambon pada sisi selatan.

Jembatan ini merupakan jembatan terpanjang di Indonesia Timur, menjadi bagian dari keseluruhan tata ruang Kota Ambon. Kini, sebagaimana dirilis dari wikipedia.org, jembatan ini menjadi ikon kota Ambon.

8. Jembatan Ampera, Palembamg, Sumsel

Jembatan yang terletak di Kota Palembang, Sumsel panjangnya sekitar 1,11 Km dan sudah berdiri sejak sekitar tahun 1965.

Jembatan Ampera, yang jadi ikon kota itu, terletak di tengah-tengah kmKota Palembang. Dan,  menghubungkan daerah Seberang Ulu dan Seberang Ilir yang dipisahkan oleh Sungai Musi.

Pembangunan jembatan ini dimulai pada bulan April 1962, setelah mendapat persetujuan dari Presiden Soekarno.

Dikutip dari wikipedia.org, anggaran pembangunannya diambil dari dana pampasan perang Jepang. Bukan hanya biaya, jembatan inipun menggunakan tenaga ahli dari negara tersebut.

Saat diresmikan tahun 1965, Jembatan Ampera tercatat sebagai yang terpanjang di Asia Tenggara.

9. Jembatan Barito, Kalsel

Jembatan ini berada di wilayah Kabupaten Barito Kuala dan berjarak 15 km dari Kota Banjarmasin. Dan, panjangnya sekitar 1,08 Km, seperti dikutip dari wikipedia.org.

Jembatan Barito sering disebut juga dengan jembatan Pulau Bakut. Seperti nama delta yang ada di bawahnya atau jembatan Pulau Bakut. Jembatan ini pertama kali diresmikan pada tanggal 24 April 1997 oleh Presiden Soeharto.

10. Jembatan Mahakam Ulu, Samarinda, Kaltim

Jembatan yang panjangnya sekitar 799 meter ini, membentang di atas Sungai Mahakam dan terletak di Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Pembangunannya memakan waktu 3 tahun atau dari tahun 2006 hingga 2009.

Jembatan Mahakam Ulu memiliki bentang tengah 200 meter dengan panjang keseluruhan jembatan 799,8 meter. Panjang jembatan itu belum termasuk jalan pendekat.

Lebar jembatan adalah 11 meter, sementara tinggi jembatan dengan permukaan air sungai tercatat 18 meter. Jembatan ini mempunyai bentang lingkar baja yang menjadi ciri khas jembatan ini.

Rekor jembatan terpanjang di Indonesia ini, akan berubah sekitar tahun 2024 atau setelah Jembatan Batam Bintan selesai dibangun. Tahapan pembangunannya atau DED-nya sudah dimulai tahun 2019. Dan, fisiknya mulai Januari 2021. (mat) 

Loading...