Jusuf Kalla Ajak Jadikan Masjid Tempat Mengasah Kepekaan Persoalan Bangsa

Loading...

Suarasiber.com – Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) yang juga mantan Wapres RI, Jusuf Kalla meminta umat Islam menjadikan masjid sebagai tempat mengasah munculnya kepekaan terhadap persoalan bangsa.

“Bukan hanya tempat salat, masjid harus jadi simbol tempat identitas umat Islam. Dari masjid, kita juga peduli dengan kondisi permasalahan bangsa yang saat ini tengah menghadapi pandemi covid 19, seperti kita menerapkan protokol kesehatan dalam beribadah,” ujarnya.

Ajakan ini disampaikan JK usai melantik kepengurusan DPW DMI Provinsi Kepri Masa Bhakti 2021 – 2026 di Masjid Agung Sultan Angung Riayatsah, Batuaji Batam, Rabu (15/12/2021).

JK menyerukan untuk terus memakmurkan masjid sebagai tempat ibadah umat Islam. Keberadaan dewan masjid juga harus bisa menyejahterakan jemaah dan masyarakat sekitar.

Lebih dari sekadar tempat salat, masjid hendaknya berperan lebih seperti menjadi tempat pembelajaran ilmu agama, kajian, dakwah hingga tempat pemberdayaan kesejahteraan umat.

Kepada pengurus terpilih, diingatkan agar bisa dirasakan manfaat dan keberadaanya oleh masyarakat. Minimal keberadaan masjid bisa menjadikan jemaah dalam berinadah menjadi nyaman.

“Nyaman karena imam, muadzin, bilal hingga marbot masjid,cakap dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Dengan demikian, saat jemaah datang untuk beribadah, maka mereka merasakan ketengan di dalamnya,” pesan Jusuf Kalla.

Pada kesempatan ini diundang Ustaz Das’ad Latif dari Jakarta yang memberikan ceramah agama berupa seruan untuk menjadikan masjid sebagai pusat kegiatan positif.

“Mudah- mudahan masjid di Indonesia yang rata rata megah ini, menjadi tempat yang nyaman untuk beribadah kepada sang Khalik,” ajaknya.

Hadir pada hari ini Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad, Wakil Gubernur Kepri Hj. Marlin Agustina, Wakapolda Kepri Brigjen Pol Darmawan, Ketua MUI Kepri KH Bambang Maryono, Mantan Ketua DPW DMI Kepri lama Hozrin Hood, Wawako Batam Amsakar Ahmad dan hadirin jemaah lainnya. ***

Editor Yusfreyendi

Loading...