Ekspor Hasil Pertanian, Kepri Bertekad Geser Dominasi Provinsi Unggulan

Loading...

Suarasiber.com – Kementerian Pertanian dan Kementerian Perdagangan menginisiasi ekspor hasil pertanian Kepri senilai Rp1,2 triliun dari PT. Asia Cocoa Indonesia, Kawasan Tunas Satu Industri, Batam Centre, Jumat (31/12/2021).

Tujuan kedua kementerian melakukan kegiatan ini agar seluruh provinsi di Indonesia sama-sama tergerak untuk meningkatkan kualitas serta kuantitas ekspor yang ada.

Selain di Kepri, Gebyar Ekspor Tutup Tahun 2021 juga dilakukan serentak di 34 provinsi Indonesia. Total, 1,3 juta ton hasil pertanian senilai Rp14,4 triliun diekspor.

Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad yang hadir mengharapkan momentum ini menjadi angin segar di akhir tahun 2021 bagi dunia eksportir yang ada di Kepri.

“Terima kasih kepada para eksportir dan pihak kepolisian, begitu juga kepada pihak dan Bea Cukai. Dalam meningkatkan ekspor di daerah, kita semua memang harus bersinergi, saling bekerja sama agar semua tujuan bersama bisa dicapai,” kata Gubernur.

Meski tidak terlalu signifikan atau hanya 3,2 persen, sektor pertanian juga memiliki andil dalam perolehan PAD melalui sektor impor.

“Saat ini dunia ekspor kita berada di urutan ke-4 di bawah Jatim, Riau dan Sumut. Ke depan kita yakin bisa lebih  unggul dari provinsi lain, selama kita kompak, konsisten dan serius mengelola sektor ini,” kata mantan anggota komisi V DPR RI ini. ***

Editor Yusfreyendi

Loading...