Gubernur Kepri Mendukung Penuh Program Gratieks, Apa Itu?

Loading...

Suarasiber.com – Pemprov Kepri siap berkolaborasi dengan Badan Karantina Pertanian demi suksesnya Gratieks. Apa sebenarnya Gratieks?

Gerakan Tiga Kali Ekspor Pertanian (Gratieks) adalah gerakan peningkatan ekspor pertanian yang digagas Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo.

Diciptakan untuk menyatukan kekuatan seluruh pemegang kepentingan pembangunan pertanian dari hulu sampai hilir. Gerakan ini dibuat sebagai ajakan pemerintah kepada seluruh pemegang kepentingan pembangunan pertanian agar bekerja dengan cara yang tidak biasa.

Gratieks diharapkan dapat mempercepat jalannya laju ekspor komoditas pertanian menuju ekosistem pertanian yang modern. Sektor pertanian menjadi kunci utama dalam meningkatkan dan memulihkan ekonomi nasional yang sempat terperosok akibat pandemi Covid-19 berkepanjangan.

Dalam beberapa tahun terakhir, pertanian tumbuh terus menerus, dan tetap positif di tengah pandemi Covid-19 berkepanjangan

Gubernur Kepri Ansar Ahmad mendukung penuh segala daya dan upaya demi memajukan Provinsi Kepulauan Riau khususnya di sektor pertanian.

“Harapan saya, para eksportir dan pengusaha lebih giat dan bersemangat lagi memasarkan produk pertanian Kepulauan Riau ini khususnya di wilayah Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan ke luar negeri,” ucap Gubernur Ansar saat menjadi pembicara dalam video conference Sosialisasi Program Gratieks dan UU No.21 Tahun 2019 di Tanjungpinang, Rabu, (4/8/2021).

Ditegaskan Ansar, meski istilahnya tiga kali ekspor, bukan berhenti di tiga kali saja. Melainkan ditingkatkan tiga kali lipat. Yang satu kali menjadi tiga, yang tiga kali menjadi sembilan kali, demikian seterusnya.

Sosialisasi tersebut dihadiri oleh Plt.Kadis Pertanian, Ketahanan Pangan dan Kesehatan Hewan Eko Sumbaryadi, Kepala Balai Karantina Kelas II Tanjungpinang Raden Nurcahyo Nugroho, Sekretaris Daerah Bintan Adi Prihantara, Kepala Badan Karantina Pertanian Bambang Wahyudi, dan Kepala Pusat KKIP Barantan Junaidi. (man)

Loading...