Alexa.com Bakal Wassalaam 1 Mei 2022

Loading...

Suarasiber.com – Kebiasan para pemilik portal jika bertemu ialah saling menanyakan ranking berapa di Alexa.com. Jangan sedih ya, Alexa.com dipastikan bakal pensiun pada 1 Mei 2022.

Hal ini disampaikan oleh Alexa Internet, Inc., perusahaan internet penyedia trafik data, ranking global, dan informasi lain terkait lebih dari 30 juta website, di laman resmi mereka.

Dilihat suarasiber dari laman perusahaan tersebut, pengumuman pensiunnya Alexa.com tidak disertai rincian alasan dan sebabnya.

Disebutkan bahwa Alexa Internet sudah berusia 25 tahun. Keputusan ini menurut Alexa adalah keputusan yang sulit.

alexa tutup layanan 1 mei 2022
Foto – istimewa/alexa.com

“Setelah dua dekade membantu Anda semua menemukan, merangkul, dan mengubah audiens digital, kami membuat keputusan sulit untuk memensiunkan Alexa.compada 1 Mei 2022,” tulis pengumuman itu.

Tak lupa ucapan terima kasih karena telah menjadikan .com sumber andalan untuk penelitian konten, analisis kompetitif, penelitian kata kunci, dan banyak lagi. Itu adalah hal yang sangat membanggakan.

Penawaran langganan akan dihentikan sejak 8 Desember 2021. Sementara langganan lama akan tetap bisa menikmati layanannya hingga 1 Mei 2021.

API Layanan Informasi Web (Web Information Service API) juga dihentikan per 8 Desember 2022.

Munculnya Tool Serupa

Foto ilustrasi

Alexa adalah sebuah anak perusahaan dari Amazon.com yang berbasis di California, Amerika Serikat, dan menyediakan data komersial terkait traffic website. Didirikan sebagai sebuah perusahaan independen pada tahun 1996, Alexa kemudian diakusisi oleh Amazon pada tahun 1999.

Website Alexa dikunjungi lebih dari 8,8 juta orang setiap bulannya.

Bakal dipensiunkannya Alexa.com ditanggapi biasa oleh sejumlah orang. Hafizhin, warga Batam yang mengelola dua portal selama ini sudah menggunakan Alexa dan juga Google Analytics.

“Saya pakai dua-duanya. Memang hasilnya, khususnya angka bounce rate berbeda,” tuturnya kepada suarasiber.com, Kamis (9/12/2021).

Berdasarkan penelusuran suarasiber.com, perbedaan bounce rate di Alexa dan Google Analytics karena keduanya menggunakan metoda yang berbeda.

Google Analytics menggunakan data secara real time untuk mengukur nilai bounce rate. Sedangkan Alexa menggunakan data 3 bulan terakhir untuk menghitung nilai bounce rate.

Alexa juga hanya menghitung berdasarkan jumlah user yang memasang Alexa Toolbar pada browser mereka. (nurali mahmudi)

Editor Nurali Mahmudi

Loading...