Rahma Sebut Hadirnya Pos UKK Bentuk Hadirnya Pemerintah Terkait Kesehatan Pekerja

Loading...

Suarasiber.com – Wali Kota Tanjungpinang, Hj Rahma SIP dan Wakilnya, Endang Abdullah SKp MSi meresmikan Pos Upaya Kesehatan Kerja (UKK) Ivander Jaya Perkasa, di jalan Triwijaya, Kampung Banjar Air Raja, Senin (8/11/2021).

Rahma menyambut baik dengan terbentuknya Pos UKK di perternakan ayam Ivander Jaya Perkasa. Terima kasih juga disampaikan kepada Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang, Puskesmas Batu 10, dan pihak peternakan yang bersedia mendirikan pos UKK di tempat usahanya.

Tujuan Pos UKK ini sangat baik dan positif untuk menjaga, memantau, dan memastikan kesehatan seluruh tenaga pekerja yang berada di lingkungan peternakan dan sekitarnya.

“Ini juga merupakan bentuk kehadiran Pemerintah Kota Tanjungpinang untuk memantau dan tidak mengabaikan hak-hak para pekerja yang harus dipenuhi khususnya didalam bidang kesehatan,” jelas Rahma.

Rahma lalu menjelaskan, pos ini merupakan upaya kesehatan kerja bagi pekerja informal yang bersumber daya dari, oleh dan untuk pekerja itu sendiri.

Kegiatan yang dilaksanakan meliputi upaya promotif, preventif dan pengobatan sederhana yang bersifat pertolongan pertama pada kecelakaan dan pertolongan pertama pada penyakit.

Ia meminta agar pendirian Pos UKK perlu ditingkatkan, mengingat berkiprah meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan anggotanya.

Mengenai aturannya Rahma mengatakan, Pos UKK dibentuk pada sebuah usaha dengan pekerja minimal 10 orang dan maksimal 50 orang. Diutamakan dari jenis pekerjaan yang sama.

Kadis Kesehatan, dr Alfiani Sandri MPh menambahkan, Pos UKK dapat memotivasi para pekerja atau kelompok kerja untuk dapat terus meningkatkan perekonominya dan menunjang kehidupan keluarga dalam keadaan sehat.

Pihaknya melalui Puskesmas melakukan pembinaan serta memantau dan melakukan pemeriksaan kesehatan yang lebih lanjut kepada para pekerja.

Peresmian ini dihadiri Direktur PT. Ivander Jaya Perkasa, Sutrisno Kurniawan; Kapolsek Tanjungpinang Timur, AKP Syafruddin; sejumlah kepala dinas serta pimpinan Puskesmas Batu 10. (fut)

Loading...