free page hit counter

Pertahanan Udara Diperkuat, KSAU Resmikan 4 Kesatuan Baru di Natuna

Loading...

Suarasiber.com – Kepala Staf TNI AU (KSAU), Marsekal TNI Fadjar Prasetyo meresmikan 4 kesatuan udara di Ranai, Natuna, Jumat (22/10/2021).

Keempat kesatuan udara itu ialah Skuadron Udara 52 Natuna dengan komandan Letkol Pnb Dion Aridito, Denhanud 477 Paskhas Natuna dengan komandan Lekol Pas Frian Alfa Risdar.

Kemudian Denhanud 475 Paskhas Pekanbaru dengan komandan Letkol Pas Tatag Wicaksono dan Denhanud 476 Paskhas Iswahjudi Madiun dengan komandan Letkol Pas Habib Yuwono Prasetya.

Disampaikan Fadjar, Indonesia menghubungkan dua benua dan dua samudra. Hal ini menjadikan Indonesia sangat strategis bagi pelayaran maupun penerbangan dunia.

“Kandungan Sumber Daya Alam (SDA) yang terkandung didalamnya, membuat wilayah ini menjadi area yang sangat menjanjikan, namun disisi lain, mengundang resiko ancaman, dari pihak lain,” jelasnya.

Peresmian empat kesatuan secara serentak adalah bagian dari upaya pembangunan kekuatan TNI AU. Khuausnya pengembangan dan validasi organisasi, guna terbentuk satuan dan sistem kerja yang semakin efektif dan efisien.

Empat kesatuan yang diresmikan ini, jelas Fadjar, akan mengamati dan melindungi ruang udara Indonesia dari kemungkinan serangan yang datang khususnya dari udara.

Hebatnya, kesatuan udara yang diresmikan dilengkapi dengan alutsista terkini.

KSAU memaparkan, peengoperasian satuan yang akan mengawaki alutsista moderen ini, membutuhkan pemimpin yang berkarakter tangguh dan teliti dalam mengambil setiap keputusan. Selain itu, dibutuhkan juga kecerdasan dalam bersikap dan memiliki ketahanan mental yang kuat dalam menghadapi berbagai situasi.

Digarisbawahi oleh KSAU, peningkatan kekuatan udara bukan bertujuan untuk menimbulkan ketegangan di kawasan. Melainkan menciptakan Angkatan Udara yang disegani di kawasan, serta untuk memastikan keselamatan dan kedaulatan negara. (mat)

Loading...