Arab Saudi Beri Lampu Hijau Jemaah Umrah Asal Indonesia

Loading...

Suarasiber.com – Pemerintah Arab Saudi memberikan sinyal diperbolehkannya jemaah asal Indonesia kembali melakukan umrah. Hal ini disampaikan Menlu Retno Marsudi melalui press briefing, Sabtu (9/10/2021).

Menlu Retno mengatakan, hal ini diperoleh setelah melalui pembahasan yang cukup lama. Baik pada level Menteri Luar Negeri, Menteri Kesehatan dan juga Menteri Agama, dan dengan perkembangan penanganan Covid-19 di Indonesia yang semakin baik.

Hasilnya, Pemerintah Kerajaan Arab Saudi melalui nota diplomatik Kedutaan Besar Arab Saudi di Jakarta pada tanggal 8 Oktober 2021, menyampaikan sejumlah hal.

​Kedutaan telah menerima informasi dari pihak berkompeten di Kerajaan Saudi Arabia perihal pengaturan dimulainya kembali pelaksanaan umroh bagi jamaah umroh Indonesia.

Komite khusus di Kerajaan Saudi Arabia juga sedang bekerja guna meminimalisir segala hambatan yang menghalangi kemungkinan tidak dapatnya jemaah Indonesia melakukan ibadah umrah.

Menlu Retno juga menyebutkan, di nota diplomatik tersebut dicantumkan bahwa kedua pihak dalam tahap akhir pembahasan mengenai pertukaran link teknis dengan Indonesia.

Intinya menjelaskan informasi para pengunjung berkaitan dengan vaksin dan akan memfasilitasi proses masuknya jemaah.

Nota diplomatik juga menyebutkan mempertimbangkan untuk menetapkan masa periode karantina selama 5 hari bagi para jemaah umrah yang tidak memenuhi standar kesehatan yang dipersyaratkan.

Kabar baik ini akan ditindaklanjuti dengan pembahasan secara lebih detail mengenai teknis pelaksanaannya.

“Kementerian Luar Negeri akan terus melakukan koordinasi dengan Kementerian Agama dan Kementerian Kesehatan serta dengan otoritas terkait di Kerajaan Saudi Arabia mengenai pelaksanaan kebijakan Pemerintah Saudi Arabia yang baru ini,” kata Retno.

Ia sendiri telah melakukan koordinasi dan komunikasi baik dengan Pak Menteri Kesehatan maupun dengan Pak Menteri Agama. Sementara pertemuan terakhir Menlu Retno dan Menlu Arab Saudi terjadi di sela-sela pelaksanaan Sidang Majelis Umum PBB ke-76 di New York. (man)

Loading...