WhatsApp Bisa Diakses di 4 Perangkat Bersamaan Meski HP Tak Terhubung Internet

Loading...

Suarasiber.com – WhatsApp merilis fitur yang sudah lama ditunggu penggemarnya, yakni bisa diakses melalui empat perangkat bersamaan. Kalian bisa tetap chating di laptop atau perangkat lain meski ponsel yang memakai nomor WA yang didaftarkan tidak aktif.

Sebelumnya, WhatsApp memang sudah bisa digunakan di laptop dengan cara menghubungkannya dengan ponsel. Namun ketika ponselnya mati atau habis baterei, otomatis sambungan di laptop juga mati.

Sekarang itu bisa dihindari dengan kebijakan terbaru. Dengan demikian kalian bisa tetap melakukan chating dengan WhatsApp di laptop, PC atau tablet tanpa khawatir terputus koneksinya.

Kecuali memang jaringan internet di gawai kalian sedang bermasalah atau paket datanya habis, maka chat WhatsApp tetap tak bisa dilakukan.

Bukan cuma mengakses dan mengobrol via chat, pengguna WhatsApp juga akan dapat menikmati obrolan video dan audio di WhatsApp untuk PC tanpa ponsel mereka pada fitur baru Multi-Device tersebut.

Namun demikian, fitur baru tersebut kini baru diluncurkan versi beta, dan baru diuji coba ke beberapa pengguna di dunia.

Soal multi-device pada WhatsApp sebenarnya sudah disampaikan Kepala WhatsApp, Will Catchcart melalui Daily Mail pada Juli 2021 lalu.

Perusahaan menjelaskan, dengan adanya fungsi Multi-Device, maka setiap perangkat yang terhubung ke akun WhatsApp – termasuk PC dan tablet – kini memiliki kunci identitasnya sendiri, sehingga mereka tidak lagi mengandalkan ponsel untuk end-to-end encryption.

End-to-end encryption sendiri kerap disebut-sebut oleh WhatsApp sebagai standar keamanan terkemuka untuk perpesanan online yang tidak akan pernah bisa dihilangkan.

Untuk menggunakan fitur tetap bisa chat WA ini kalian hanya perlu mencetang kotak tetap masuk. Dengan demikian, jika kalian ingin pakai WhatsApp di laptop tak perlu lagi scan QR codenya.

Detilnya seperti ini, bagi pengguna WhatsApp Beta, kalian cukup mengakses aplikasi versi terbaru baik di smartphone Android maupun iOS. Di halaman depan, akses ke opsi WhatsApp Web seperti sebelumnya—hanya saja, kini namanya berubah menjadi “Linked Devices”.

Di bawah tombol “Link a Device”, kini terdapat tombol baru yaitu “Multi-device beta”.Klik tombol tersebut, join beta, dan langsung sambungkan perangkat PC seperti sebelum-sebelumnya.

Yang perlu dicatat, WhatsApp Multi Device bisa digunakan hingga empat perangkat non-smartphone. Plus, setidaknya WhatsApp pada smartphone tetap terhubung setidaknya dalam waktu 14 hari, sebelum sambungan otomatis terputus. (man)

Loading...