Seputar Elang Laut yang Akan Dilepasliarkan Presiden Jokowi di Kepri

Loading...

Suarasiber.com – Salah satu agenda Presiden RI Joko Widodo dalam lawatan kerjanya di Batam, Kepri, Selasa (28/9/2021) ialah melepasliarkan burung elang laut. Mengapa jenis burung ini yang dipilih?

Dari penelusuran suarasiber.com, terdapat beberapa hal menarik tentang butung elang laut.

Elang laut merupakan salah satu spesies elang terbesar dan terberat namun sanggup terbang dengan jarak yang jauh. Saat melintasi lautan, paruh dan cakarnya membuat nyali predatornya ciut nyali.

Mangsa utamanya ikan dan ular laut, namun gemar juga memangsa kura-kura. Berikut ini fakta menarik tentangnya yang wajib kalian ketahui.

Beragam Spesies

Elang laut sebenarnya bagian dari elang, namun demikian elang laut juga masih memiliki beberapa jenis lagi.

Mengutip Birdlife.org, beberapa spesies elang laut meliputi elang laut perut putih, elang laut Afrika, elang laut Madagaskar, elang laut ekor putih, elang botak, elang laut Steller dan elang laut abu-abu.

Perbedaan ini dibuat berdasarkan warna bulunya. Secara umum warna bulu elang laut Smerika lebih hitam dengan perpaduan putih.

Setia dengan Pasangan

Elang laut terkenal dengan sifat monogaminya, yakni hanya memiliki satu pasangan seumur hidupnya. Jika salah satu pasangan mati, biasanya elang laut tidak akan kawin lagi dengan elang laut lainnya.

Ikatan pasangan elang laut juga luar biasa, yakni akan membangun sarang dan mendidik anak-anak mereka bersama sampai si anak bisa mandiri.

Tak Kenal Capek

Dengan berat badannya, elang laut termasuk burung yang tangguh. Dengan kapakan sayapnya ia juga ahli menjelajah tinggi. Apalagi jika berada di alam liar.

Dari setiap perburuannya, mereka dikenal lebih sering sukses ketimbang gagal.

Ditemukan di Mana-mana

Elang laut bukan hanya ada di Indonesia, melainkan tersebar di berbagai penjuru dunia. Laman Britannica.com menuliskan bahwa beberapa spesies elang laut tersebar mulai dari benua Amerika, Afrika, Eropa, hingga Asia seperti Tiongkok, India, dan bahkan Indonesia.

Kemampuan jelajanya yang luar biasa disebut sebagai alasan mengapa persebarannya sangat luas di dunia ini. Pada sebagian negera, elang laut tergolong binatang yang dilindungi.

Maskot dan Lambang Negara

Jika kalian melihat lambang negara Amerika, maka ada elang botak di sana. Jenis ini merupakan spesies elang paling terkenal di dataran Amerika. Jumlahnya sempat membuat ilmuwan cemas, namun belakangan populasinya kembali meningkat.

Elang botak dijadikan maskot di Amerika dan digunakan secara umum di negeri Paman Sam sejak 1782 silam. (man)

Loading...