Kepala Sekolah Butuh Kemampuan Manajerial Memimpin Organisasi

Loading...

Suarasiber.com – Kepala sekolah (Kasek) bukan sekadar jabatan, melainkan butuh kemampuan manajerial agar tahu bagaimana memimpin sebuah organisasi.

Hal ini ditegaskan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam, Jefridin Hamid, saat membuka Diklat Calon Kepala Sekolah di Lingkungan Dinas Pendidikan Kota Batam di Golden View Hotel, Bengkong, Senin (27/9/2021).

Pesertanya ada 48 orang, hasil seleksi dari 118 orang. Rinciannya calon Kasek TK sebanyak 2 orang, SD sebanyak 29 orang, dan SMP sebanyak 17 orang.

Kepada mereka, Jefridin mengingatkan agar memahami tugas pokok dan fungsi (tupoksi) masing-masing. Hal itu dinilai penting demi memajukan suatu organisasi.

“Secara administrasi (calon Kepsek) sudah bisa menjadi kepala sekolah. Tapi, perlu kemampuan manajerial bagaimana memimpin satu organisasi dan tahu tupoksinya,” ujar Jefridin mewakili Wali Kota Batam, Muhammad Rudi.

Jefridin pun menjelaskan sejumlah tupoksi sebagai ASN dan pendidik. “Pemahaman terjadap tupoksi itu juga sebagai petunjuk untuk mencapai tujuan suatu organisasi,” ujarnya.

Lantaran kasek itu ASN, ia harus memahami tugasnya sebagai ASN. Misalnya pelaksana kebijakan publik, melaksanakan pelayanan publik, dan sebagai perekat kesatuan dan persatuan bangsa.

Yang tak boleh dilupakan, kata Jefridin, harus memahami tupoksi sesuai Undang-undang pendidikan dan Undang-undang Otonomi Daerah.

“Kita juga harus tahu sekarang TK, SD, dan SMP kewenangan kabupaten dan kota. Sementara SMA/SMK merupakan kewenangan provinsi. Tapi bukan berarti kita jalan masing-masing, tapi harus berkolaborasi,” ujarnya.

Harapannya, calon Kasek yang mendapatkan diklat dapat memegang amanat dan memahami aturan agar tidak menabrak hukum.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam, Hendri Arulan, menyampaikan, kegiatan bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Batam 2021 itu bekerja sama dengan LPMP Kepri.

Tujuan diklat untuk meningkatkan kompetensi kepala sekolah, manajerial dan sebagainya. (man)

Loading...