Upacara Agustusan Tahun Ini, Presiden Jokowi Berbusana Lampung

Loading...

Suarasiber.com – Presiden Jokowi dan Wapres Ma’ruf Amin mengikuti upacara HUT ke-76 RI dari Istana Negara, Jakarta, Selasa (17/8/2021).

Disaksikan oleh suarasiber.com melalui tayangan langsung berbagai televisi, Presiden Jokowi yang bertindak selaku Inspektur Upacara mengenakan pakaian adat Lampung dan Wapres Ma’ruf Amin mengenakan pakaian adat Sunda.

Tidak berbeda dengan penyelanggaraan tahun lalu, tahun ini upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pun dihadiri undangan terbatas.

Hal ini untuk mengutamakan kesehatan dan keselamatan masyarakat karena pandemi Covid-19 yang masih melanda.

Pasukan Paskibraka tahun ini diberi nama Tim Indonesia Tangguh, yang menjalankan tugasnya dengan baik.

Pembawa bendera Merah Putih Ardelia Muthia Zahwa yang merupakan perwakilan dari Provinsi Sumatera Utara.

Sementara tiga Paskibraka pengibar bendera ialah Aditya Yogi Susanto sebagai Komandan Kelompok 8 yang mewakili Provinsi Gorontalo, Dika Ambiya Rahman sebagai pembentang bendera yang mewakili Provinsi Jawa Barat, dan Ridho Hadfizar Armadhani sebagai pengerek bendera yang mewakili Provinsi Lampung.

Sementara itu, bertindak sebagai Komandan Upacara Asops Kosekhanudnas II Makassar Kolonel Pnb. Putu Sucahyadi, sebagai Komandan Kompi Paskibraka Danki Pandu Udara Denpandutaikam Brigif Para Raider 18/2 Kostrad Kapten Inf. Suryadi Nataatmaja dan sebagai Perwira Upacara Kepala Staf Garnisun Tetap I/Jakarta
Brigadir Jenderal TNI Novi Helmy Prasetya.

Pembaca doa pada upcara agustusan tahun ini ialah Gus Menteri Yaqut Cholil Qoumas dan Ketua DPR RI Puan Maharani bertindak sebagai pembaca Teks Proklamasi.

Mengenai baju adat yang dikenakannya, dibaca suarasiber.com dari Instagram @jokowi, dituliskan sebagai berikut:

Saya pernah mengenakan busana adat Aceh, Minangkabau, Sunda, Jawa, Sasak, Bali, Bugis, dll. Kita sungguh kaya akan budaya.

Pada upacara 17 Agustus tahun ini saya mengenakan pakaian adat Pepadun dari Lampung. (man)

Loading...