Penjual Agar-agar Beli Nasi Padang Rp5 Ribu Terima Donasi Rp105 Juta dari Warganet

Loading...

Suarasiber.com – Masih banyak warganet yang baik, setidaknya begitulah yang dirasakan Elsa Amelia dan Mang Eman (51). Elsa adalah anak pemilik Warung Padang Bungo Tanjung di Garut, sementara Eman adalah penjual agar-agar.

Pada Kamis (29/7/2021) sore, Eman masuk ke rumah makan yang saat itu dijaga Elsa. Lelaki ini memesan sebungkus nasi Padang yang harga normalnya Rp18 ribu. Namun oleh Elsa, terlihat Eman menggenggam uang Rp5 ribu saja.

Akhirnya Elsa merekam Eman yang bersiap membayar dan mengunggahnya ke TikTok. Pemilik rumah makan pun iba melihat Eman dan memberikan porsi yang dibelinya secara gratis.

Eman lantas mengucapkan terima kasih dan menyapa semua orang yang ada di warung makan. Saat diunggah ke TikTok, hingga Sabtu (31/7/2021) pagi, video tentang Eman sudah ditonton lebih dari 17 juta kali dan mendapat lebih dari 82 ribu komentar.

“Jadi awalnya saya lihat ada bapak tukang jualan agar-agar masuk, dia mau beli tapi cuma punya uang Rp 5 ribu. Saya di situ kasihan dan iseng-iseng saja video,” kata Elsa kepada wartawan.

Banyak komentar di TikTok Elsa yang meminta agar dibuka donasi. Ketika dibuka, Elsa pun terharu karena terkumpul 105 juta saat donasi ditutup. Dan masih saja ada donasi dikirimkan meski sudah ditutup.

Rupanya Eman membelikan nasi Padang untuk istrinya di rumah yang tengah mengandung. Hal ini seperti penuturan saudara Eman, Wawan.

Hari itu Eman seharian berkeliling perumahan untuk berjualan agar-agar. Namun hingga siang jualannya tak banyak yang melirik.

Wawan menuturkan, Eman merupakan sosok pekerja keras, dan rela berjalan sejauh 9 km setiap hari untuk berjualan agar-agar ke pusat kota Garut. Penghasilan kotornya sebagai penjual agar-agar tak lebih dari Rp40 ribu sehari.

Makanya Wawan mengaku terkejut ketika hari itu ia melihat Eman membeli sebungkus nasi Padang.

Sementara Elsa yang mengunggah video mengaku gemetar. “Saya gemetaran, shock campur aduk semua rasa, bahagia dan penuh haru, semoga hasil dari donasi ini bisa membantu Pak Eman,” ucapnya.

“Uang yang sudah terkumpul sebanyak seratus juta lebih. Saya sangat kaget respons dari viewer luar biasa,” ujarnya, dilansir dari tibunjabar.id.

Eman juga mendapatkan bantuan dari Polres Garut. Dilihat suarasiber.com dari Instagram @divisihumaspolri, Eman pun mendapatkan manfaat Program Jumat Berkah.

Kapolres Garut memerintahkan Kapolsek Cilawu dengan penuh kepedulian mencari dan memberikan bantuan kepada bapak yang berprofesi sebagai penjual agar-agar itu.

Dengan program “Jumat Barokat” yang dipelopori oleh Kapolres Garut, menunjuk Kapolsek Cilawu turun langsung memberikan bantuan kepada bapak tersebut.

Agar-agar yang ia jajakan tak setiap hari habis terjual, bapak ini mengaku sangat kesulitan ekonomi terlebih dimasa pandemi ini.

Semoga apa yang kita berikan dapat meringankan beban mereka Kepedulian kita adalah harapan bagi mereka yang membutuhkan.

Demikian tulis akun Instagram tadi. (man)

Loading...