free page hit counter

Gubernur Ansar Dorong LAM Kepri Rumuskan Satu Narasi Baku dari Sejarah Melayu

Loading...

Suarasiber.com – Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad menyambut baik inisiatif Lembaga Adat Melayu (LAM) Kepri untuk terus menerapkan kaidah-kaidah peradatan Melayu di Kepulauan Riau.

Karena, menurut Ansar, LAM Kepri merupakan penjaga marwah dari jati diri Melayu yang harus ditanamkan ke dalam pribadi masyarakat Kepri, seperti yang dimaksud dalam peribahasa “Tak ‘kan Melayu hilang di bumi.”

Gubernur juga mengakui membutuhkan petunjuk dari tokoh – tokoh LAM. Keseharian masyarakat harus diresapi denganfalsafah Melayu. Pertemuan Gubernur Kepri dan pengurus LAM Kepri dlaksanakan di Kantor Gubernur Kepri, Dompak, Tanjungpinang, Jumat (30/7/2021).

LAM dan Dinas Kebudayaan Kepri juga bisa bersanding dan berkolaborasi untuk memaksimalkan kegiatan-kegiatan di bidang budaya Melayu.

Gubernur juga mendorong LAM Kepri untuk merumuskan satu narasi baku dari Sejarah Melayu yang ada di Kepulauan Riau.

Selama ini menurut Gubernur Ansar masih ada kesimpang siuran tentang sejarah terdahulu, hal ini akan menimbulkan keraguan tentang identitas sebenarnya dari Bangsa Melayu apabila sejarah yang ada masih belum terumuskan dengan pasti dan benar.

“Saya yakin di LAM Kepri banyak ahli-ahli yang mengerti tentang sejarah kita, ini sangat penting supaya kita bisa mewariskan sejarah-sejarah kejayaan kita di masa lampau kepada anak cucu kita nantinya,” ujar Gubernur Ansar. (man)

Loading...