Varian Delta Disebut Bisa Nular Hanya dengan Berpapasan, Masih Bisa Dilawan Vaksin

Loading...

Suarasiber.com – Virus Corona varian Delta disebut sangat mudah menular dan menjadi perhatian para ahli virus di dunia. Bahkan ada dugaan varian ini bisa menular hanya dengan berpapasan.

Tindakan tracing di salah satu pusat perbelanjaan di South Wales, Australia menunjukkan bukti betapa cepatnya varian Delta ini menular.

Benarkah seperti itu? Melalui Twitternya, Ketua Satgas IDI Prof Zubairi Djoerban mengatakan sebagai berikut:

Yang jelas, transmisi cepat dari Varian Delta bukan candaan. Itu adalah hasil tracing di Australia untuk kasus-kasus baru. Mereka menyelidiki penularan yang terjadi di Bondi Junction Westfield, sebuah pusat perbelanjaan, yang menunjukkan bagaimana cepatnya penularan Delta.

Pro Zubairi juga mengatakan hal itu yang menjadi konsern para ahli, apalagi kejadiannya tidak terjadi sekali saja di sana.

Makanya pejabat kesehatan Australia mengingatkan bahwa penularan virus tidak lagi butuh waktu hingga 15 menit, tapi dimungkinkan bisa dalam hitungan detik.

Disampaikan oleh Prof Zubairi, secara global, varian Delta memang menyebabkan lonjakan kasus Covid-19 yang tinggi di beberapa negara, termasuk Indonesia. Namun masih ada kabar baiknya, karena sebagian besar vaksin yang beredar masih bisa bekerja melawan varian Delta ini. (man)

Loading...