free page hit counter

Ustaz Adam Ngarang Hoax Babi Ngepet Agar Terkenal, Kini Ditangkap Polisi

Loading...

Suarasiber.com – Ustaz Adam Ibrahim ditetapkan sebagai tersangka penyebaran kabar bohong tentang babi ngepet di kampungnya, Kelurahan Bedahan, Kecamatan Sawangan, Depok.

Ternyata kabar babi ngepet yang begitu viral bahkan sampai televisi pun menayangkannya cuma akal bulus Ustaz Adam agar dirinya lebih dikenal.

“Tujuan mereka supaya lebih terkenal di kampungnya,” kata Kapolresta Depok Kombes Imran Siregar, Kamis (29/4/2021).

Dilansir dari detik.com, Imran menyebutkan bahwa Adam Ibrahim adalah tokoh agama di lingkungan tempat tinggalnya. Ia kurang dikenal, memiliki pengajian yang tidak terlalu besar.

Ide babi ngepet diperoleh Ustaz Adam setelah mendengar kabar sejumlah tetangganya kehilangan uang. Ada yang Rp1 juta, Rp2 juta dan jumlah lainnya.

Cerita itu direkayasa oleh Adam Ibrahim dan 7 orang lainnya. Namun, sejauh ini baru Adam Ibrahim yang ditetapkan sebagai tersangka.

Dikutip dari wikipedia, Guru Besar Pendidikan Bahasa Jawa pada Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Prof. Suwardi Endraswara, dalam bukunya Dunia Hantu Orang Jawa memaparkan mitos setempat ini sebagai penjelmaan dari seseorang yang menggunakan ilmu hitam pesugihan dengan cara mengubah dirinya untuk sementara menjadi babi siluman sehingga dapat dengan mudah melakukan pencurian.

Asian Folklore Studies terbitan Asian Folklore Institute memaparkan bahwa konsep perubahan manusia ke binatang ini serupa dengan konsep werewolf di Barat. (man)

Loading...