Indonesia Segera Miliki Bursa Perdagangan Aset Kripto

Loading...

Suarasiber.com – Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan (Kemendag) tengah membentuk bursa khusus untuk perdagangan aset kripto.

Menurut Ketua Bappebti Sidharta Utama, bursa itu nanti fokus pada perlindungan pelaku usaha agar hubungan antar semua pihak bisa berjalan dengan baik. Antar pedagang, investor maupun dengan lembaga lain bisa jelas dan aman.

Bappebti sendiri sudah menerbitkan daftar aset kripto yang dapat diperdagangkan di Indonesia.
“Ada 229 di antaranya, salah satunya Bitcoin, Ethereum, Doge coin, Stellar, dan lain sebagainya. Dengan demikian, Bitcoin cs bisa diperdagangkan di bursa kripto nantinya,” ujar Sidharta, Kamis (15/4/2021).

Aset kripto sendiri berkembang sangat pesat di Indonesia sehingga dibutuhkan aturannya serta lembaga yang berhak menanganinya. Hal ini disampaikan Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga.

Kata Jerry, seperti dikutip dari detik.com, perkembangan aset kripto dan komoditas berjangka lainnya banyak bersentuhan dengan sektor lain. Karena itulah pengaturan aset kripto dan komoditas berjangka lainnya itu perlu dilakukan bersama dengan instansi lain, tak hanya Bappebti.

Pemerintah berencana mengajukan rancangan undang-undang (RUU) Omnibus Law sektor jasa keuangan kepada DPR. Menurut Jerry, industri aset kripto dan komoditas berjangka lainnya perlu dilibatkan dalam RUU tersebut.

Pertemuan dengan Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara sudah dilakukan untuk membahas materi Omnibus Law bidang jasa keuangan khususnya dalam pengaturan pasar komoditas.

Usai pertemuan itu, Suahasil sepakat mengenai perkembangan pasar komoditas yang semakin kompleks. Ada berbagai urusan yang terkait mulai dari perpajakan hingga dampak bagi ekonomi nasional secara luas. Oleh karena itu, keduanya sepakat bahwa pembagian wewenang dan koordinasi dalam RUU Omnibus Law Jasa keuangan yang sedang dibahas berkasnya bisa berjalan dengan baik.

Harapannya, apa yang dikerjakan mampu memaksimalkan perkembangan aset kripto demi kemajuan perekonomian negara. (man)

Loading...