KLB Partai Demokrat di Sumut, Moeldoko Ditetapkan sebagai Ketum

Loading...

Suarasiber.com – Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat (PD) yang belakangan menjadi sorotan banyak orang akhirnya digelar di The Hill Hotel and Resort Deli Serdang, Sumut, Jumat (5/3/2021).

Pendiri Partai Demokrat Etty Manduapessi menyebut KLB kali ini menjadi tonggak sejarah untuk penyelamatan partai.

Sejumlah tokoh hadir di sini, diantaranya Marzuki Alie, Jhoni Allen, hingga Hencky Luntungan.

Menurut Etty, Kongres Luar Biasa ke-2 atau Kongres ke-VI Partai Demokrat digelar dengan target 2024 Partai Demokrat menjadi pemenang Pemilu.

Namun Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani sebelumnya menegaskan KLB tersebut ilegal. Ia bahkan mengatakan ketua-ketua DPD dan DPC pemegang suara yang sah tidak ada yang mengikuti KLB tersebut.

DPP Partai Demokrat pun, kata dia, belum pernah mengeluarkan SK Kepanitiaan tentang penyelenggaraan KLB.

Moeldoko Jadi Ketua Umum

Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat (PD) di Sumut menetapkan Moeldoko sebagai ketua umum. Pemilihan Ketum dilaksanakan secara voting.

Pimpinan sidang Jhoni Allen Marbun menyampaikan di sidang, “Pak Moeldoko ditetapkan menjadi Ketua Umum Partai Demokrat Periode 2021-2025.”

Moeldoko dicalonkan oleh DPD Kalteng, Sulteng, Papua Barat, hingga Aceh. ia mengalahkan Marzuki Alie yang dicalonkan oleh DPD NTB.

Meski Moeldoko tidak hadir dalam acara tersebut, namun saat Jhoni Allen kemudian bertanya apakah hasil sidang disepakati, semua menjawab setuju.

Tentang pernyataan Kamhar Lakumani, bahwa peserta KLB PD bukan pemilik suara sah alias kader abal-abal, ditepis oleh penggagas kegiatan tersebut.

“Nggak ada kader abal-abal, nggak mungkin jadi KLB, saya pastikan kalau abal-abal nggak mungkin jadi KLB,” kata salah satu penggagas KLB, Hencky Luntungan, seperti dilanir dari detik.com.

Jika ada penolakan dari lingkup internal PD, Hencky meminta mereka yang keberatan terhadap KLB PD menempuh jalur hukum.

Moeldoko Unggah Foto

Sebelumnya teka-teki apakah Moeldoko akan muncul dalam Kongres Luar Biasa Partai Demokrat di Sumut atau tidak.

Moeldoko sendiri pada Jumat (5/3/2021) justru mengunggah fotonya duduk bersila menanti pelaksanaan salat Jumat di kantornya.

Ia pun menuliskan postingan sebagai berikut:

Ruang kerja saya yang dulu merupakan ruang kerja Presiden kedua RI, Bapak Soeharto, setiap Jumat disulap menjadi tempat salat Jumat.

Di masa pandemi, kami harus berinovasi untuk menjaga staf @kantorstafpresidenri tetap bisa beribadah dengan tetap menjaga protokol kesehatan.

Foto ini diunggah Moeldoko di tengah merebaknya isu bakal hadirnya dia di Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat di Deli Serdang, Sumatera Utara. (mat)

Loading...