free page hit counter

Edan! PO Luar Negeri Asal Jiplak Desain Livery Bus Indonesia

Loading...

Suarasiber.com – Melihat bus di Indonesia, pasti muncul kekaguman. Tak heran banyak YouTuber yang mengisi konten mereka dengan bus-bus terbaru.

Nyatanya, PO bus di Indonesia memang seolah berlomba untuk menampilkan yang terbaik.

Sayangnya, kerja keras desainer lokal ini kerap dijiplak begitu saja oleh PO di luar negeri. Tak hanya bodi bus yang dijiplak, desain livery bus Indonesia juga kerap ditiru.

Asal tahu saja, produk bus buatan Indonesia cukup digemari di Bangladesh. Contohnya bodi bus buatan karoseri Laksana, Ungaran, Jawa Tengah, sudah banyak diekspor ke Bangladesh.

Tapi yang miris, di sana juga cukup banyak karoseri lokal yang meniru desain bodi bus buatan Laksana tanpa izin. Contohnya adalah sleeper bus Laksana yang dijiplak mentah-mentah menggunakan sasis Ashok Leyland buatan India.

“Mereka meniru, itu logonya (Laksana) aja sampai ditempel,” kata Communication Manager CV Laksana, Candra Dewi, seperti dikutip dari detik.com, Minggu (28/3/2021).

Seakan tanpa perasaan malu, banyak juga perusahaan otobus lokal di Bangladesh yang terang-terangan meniru desain livery perusahaan otobus yang ada di Indonesia.

Menurut Dewi, hal ini tentu menggelikan mengingat livery setiap corporate itu berbeda. Karena ada filosofi di dalamnya.

Selanjutnya Dewi mengatakan, ada PO di Bangladesh meniru livery PO Haryanto asal Kudus Jawa Tengah. Yang tak habis pikir, sampai logo Menara Kudusnya ditiru, hanya diganti tulisannya dengan menggunakan aksara lokasl (Bangladesh). (man)

Loading...