free page hit counter

PT Yakin Perkasa Propertama Tertarik Bangun Urban Farming di Tanjungpinang

Loading...

Suarasiber.com – PT Yakin Perkasa Propertama berencana akan membangun urban farming di kota Tanjungpinang.

Hal tersebut disampaikan oleh Komisaris Utama PT Yakin Perkasa Propertama, Samuel Maruli pada conceptual planning di Meeting Room Hotel Aston Tanjungpinang, Sabtu, (20/2/2021).

Bentuknya, nanti ada 300 unit rumah yang ramah lingkungan dibangun di atas lahan 30 hektar. Lokasinya di Senggarang.

Konsep perumahan ramah lingkungan ini adalah Rumah Kebun atau Pertanian Perkotaan (Urban Farming). Dengan sistem ini maka di setiap rumah akan ada tanaman hidroponik dihalaman belakang rumah, terdapat saung (gazebo) dengan luas 1000 meter.

Selanjutnya kebun sayuran dan peternakan. Untuk pengolahan limbah akan dipasang biogas agar dapat dimanfaatkan menjadi gas rumah tangga sebagai sumber energi, sehingga setiap rumah dapat mencukupi pangan dan energinya.

Dalam pertemuan ini juga dikalkulasi, jika dalam 300 unit rumah mempekerjakan dua orang tenaga kerja, maka dapat membuka lapangan pekerjaan untuk 600 orang. Ini akan membuka lapangan pemerjaan baru.

Hunian ini merupakan real estate pertanian, pendidikan dan wisata.

Wali Kota Tanjungpinang, Hj Rahma SIP yang hadir dalam pertemuan ini mengatakan pihaknya akan melakukan kajian terlebih dahulu.

Ia akan memerintahkan dinas terkait menindaklanjutinya, termasuk RDTR, persyaratan perizinan, Amdal dan hal lainnya menyangkut pembangunan urban farming agar persyaratannya segera dipenuhi sesuai dengan aturan yang berlaku oleh investor.

Rahma berharap urban farming ini bisa terwujud enjadi satu kesempatan baru yang berpengaruh pada kesejahteraan masyarakat Tanjungpinang. (mat)

Loading...