free page hit counter

Presiden Jokowi Ajukan Komjen Listyo Sigit sebagai Kapolri

Loading...

Suarasiber.com – Teka-teki siapa yang dipilih Presiden Jokowi sebagai Kapolri Pengganti Jenderal Idham Aziz terjawab. Pilihan mantan Wali Kota Solo ini mengajukan Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai calon tunggal.

Akun Instagram pr_ri, Rabu (13/1/2021) mengunggah video Konferensi Pers Pimpinan DPR RI tentang Calon Kapolri.

Disampaikan Puan Maharani, pihaknya telah menerima usulan pejabat Kapolri dengan nama tunggal Komjen Listyo Sigit Prabowo.

Selanjutnya DPR akan melakukan uji kepatutan dan kelayakan.

Saat ini, Komjen Drs Listyo Sigit Prabowo, M.Si., yang saat ini menjabat sebagai Kabareskrim di Polri.

Listyo merupakan lulusan Akademi Kepolisian tahun 1991. Ia lahir di Ambon, Maluku, 5 Mei 1969.
Ia memiliki kedekatan dengan Presiden Jokowi karena ia menjabat sebagai Kapolres Solo pada 2011 saat Jokowi masih menjabat sebagai Wali Kota Solo.

Ketika terpilih sebagai Presiden tahun 2014, Listyo pun menjadi ajudan Jokowi.

Listyo mulai menjabat sebagai Kabareskrim pada 6 Desember 2019, menggantikan Kapolri saat ini, Jenderal Polisi Idham Azis.

Dilihat dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) per 11 Desember 2019, Listyo hanya memiliki satu unit Toyota Fortuner produksi 2018 dengan harga taksiran Rp320 juta.

Kekayaan Listyo paling banyak berasal dari tanah dan bangunan senilai Rp 6,15 miliar. Aset tersebut tersebar di Kota Semarang Rp 1,65 miliar, di Kota Tangerang Rp1 miliar, dan di Jakarta Rp3,5 miliar.

Selain itu Listyo juga memiliki harta bergerak lainnya sebesar Rp975 juta serta kas setara Rp869 juta. Sejauh ini belum ada data kekayaan baru yang didaftarkan Listyo ke LHKPN. (mat)

Loading...