99% Listrik di Manado Kembali Normal

Loading...

Suarasiber.com – Tiga hari pasca banjir yang melanda beberapa titik di kota Manado, PLN berhasil menormalkan hampir seluruh pasokan listrik yang sebelumnya sempat terhenti.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Sulawesi Utara, Tengah dan Gorontalo, Leo Basuki, memimpin langsung pemulihan Gardu Distribusi yang terdampak di Manado.

“Awalnya kami mencatat terdapat 793 gardu yang terhenti pasokan listriknya, tapi saat ini melihat cuaca yang semakin membaik dan dipastikan aman, kami berkoordinasi dengan pemerintah setempat untuk menyalakan kembali sistem kelistrikan secara bertahap sesuai SOP. Hasilnya 789 gardu saat ini sudah bisa melayani kembali,” terang Leo, dilansir dari bumn.go.id, Selasa (19/1/2021).

“Kami berupaya secara maksimal agar masyarakat dapat kembali menikmati aliran listrik dan melakukan aktivitasnya seperti sediakala. Mohon doa dan dukungannya agar upaya pemulihan berjalan lancar dan pasokan listrik kembali normal,” tambahnya.

Dirinya juga mengimbau kepada masyarakat untuk selalu berhati-hati mengingat cuaca yang masih tidak menentu, apabila hujan turun agar dapat memindahkan peralatan elektronik ke tempat yang lebih aman, dan segera melaporkan ke PLN apabila ada jaringan atau pohon yang berpotensi bahaya terhadap keselamatan.

Masyarakat dapat melaporkan potensi bahaya dan gangguan kelistrikan melalui Contact center PLN 123 yang dapat diakses lewat telepon (kode area) 123, media sosial PLN 123, dan aplikasi PLN Mobile yang dapat diunduh melalui Playstore atau Appstore demi kemudahan layanan kapan saja dan di mana saja.

Hingga Senin (18/1) pukul 15.00 WITA tersisa 4 gardu yang masih dalam proses pemulihan oleh PLN yang melayani sebagian Ternate Tanjung dan Paleloan.

Cepatnya pemulihan infrastruktur kelistrikan di Manado, tidak terlepas dari kerja keras PLN, tidak kurang dari 138 personil dikerahkan untuk segera mempercepat pengoperasian kembali sistem kelistrikan kembali. Petugas PLN dengan cepat menginventaris infrastruktur yang terdampak dan melakukan penormalan kembali serta memastikan keamanan ketika listrik dinyalakan.

Atas kerja keras PLN, warga kelurahan Ternate Tanjung menyampaikan apresiasinya kepada PLN dalam memulihkan listrik di daerah tersebut.

“Atas nama masyarakat kelurahan Ternate Tanjung yang terkena banjir, kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada PLN yang sudah peduli atas kebutuhan kami, terutama listrik dan penerangan yang sudah menyala,” ucap Naomi, Kepala Lingkungan 3, Kelurahan Ternate Tanjung. (mat)

Loading...