Youtuber Ini Dibanjiri Kritik setelah Salah Review Sampai Restoran Tutup

Loading...

Suarasiberdotcom – Sebuah restoran di Korea Selatan akhirnya tutup karena ulah seorang Youtuber yang salah mereview salah satu masakannya. Youtubernya kini dibanjiri kritik.

Pada 7 Desember 2020 lalu, Youtuber bernama HayanTree yang memiliki 700 ribu subscriber mengunggah video ada beberapa butir nasi di piringnya dan menggiring opini publik.

Ia tuliskan jika restoran di kota Daegu itu sudah menghidangkan makanan sisa yang tidak terjual. Video review itu pun jadi viral dan dilihat hingga 1 juta kali.

Hanya dalam hitungan hari reputasi restoran itu langsung hancur. Pamiliknya pasrah hingga harus menutup usahanya. Pihak restoran berusaha menjelaskan, bahkan menyertakan video rekaman CCTV mereka tidak pernah menggunakan kembali sisa makanan.

Namun warganet telanjur marah akibat review HayanTree. Dikutip dari All K Pop, komentar pihak restoran sebagai klarifikasi justru diblok sehingga tidak terbaca.

Pemilik restoran pun memberikan keterangan, butiran nasi yang dipermasalahkan HayanTree ternyata bukan berasal dari hidangan kepiting yang diambilnya. Itu justru sisa dari makanan yang dia santap dan tertinggal dipiring sebelum dirinya mengambil refill.

HayanTree belakangan menyadari reviewnya salah dan mencabut video review masakannya yang membuat warga heboh. Tak hanya mencabut video, ia pun meminta maaf.

Ia sampaikan membuat video tanpa memikir akibatnya. Seharusnya ia membuat video dengan fakta-fakta akurat dan saya sangat menyesal karena keteledoran ini.

Apa daya, restoran korban review salahnya telanjur tutup. Sementara pemilik restoran frustasi.

Pemilik restoran bahkan menyebut bullying dan kezaliman Youtuber lebih menyeramkan ketimbang virus Corona.

“Saat ini saya membuat petisi untuk hukum dan regulasi jadi orang-orang yang memiliki usaha bisa dengan nyaman fokus pada bisnis mereka,” beber pemilik restoran.

Hayantree pun dihujani kritik warganet. Beberapa meminta agar Youtuber ini dituntut dan ditindak tegas. Jumlah subscriber Hayantree pun turun dratis.

Hati hatio ya sobat kalau mereview sesuatu, lakukan dengan fakta sebenarnya. (mat)

Loading...