Ikan Sembilang Disajikan Ganjar, AHY: Enak Sekali

Loading...

Suarasiberdorcom – Ikan sembilang menjadi menu makanan yang disajikan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo kepada taminya, Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Semarang, Rabu (2/12/2020) malam.

Menurut AHY usai keluar dari rumah dinas Ganjar, pertemuan itu tidak membahas urusan negara. Perbincangan pun berlangsung dalam suasana renyah.

Dirinya hanya ingin memberikan doa serta dukungan. Diskusinya memang membahas banyak hal, namun sebatas hal yang ringan.

“Tidak banyak membicarakan isu penting apalagi membahas negara. Saya senang, karena tadi dijamu makan malam pakai ikan sembilang dan enak sekali,” jelasnya.

Puetara sulung SBY ini tiba sekitar pukul 18.40 WIB, langsung dijamu Ganjar dengan makan malam. Keduanya kemudian makan bersama dan dilanjutkan berbincang di ruang tamu.

Pembicaraan berlangsung sekitar satu jam. Manurut AHY dirinya sengaja silaturahmi ke rumah Pak Ganjar, ingin ketemu sahabat, tokoh yang sangat ingin diajaknya berdiskusi.

“Sekaligus saya memberikan suport bagi Pak Ganjar sebagai Gubernur Jateng khususnya dalam menangani pandemi,” kata AHY.

Demikian juga dengan Ganjar, mengaku membicarakan seputar Penanganan Covid-19. Gubernur Jateng ini pun memuji AHY karena mampu menjabat sebagai ketua umum sebuah partai politik di usia muda.

Sekilas Ikan Sembilang

Ikan sembilang sebelum diolah menjadi masakan yang lezat.

Ikan sembilang merupakan anggota dari suku (familia) Plotosidae, suatu kelompok ikan berkumis (Siluriformes). Jenis ikan ini memiliki ciri khas yang membedakan dirinya dengan kelompok lain.

Yaitu menyatunya sirip punggung kedua (sirip lemak), sirip ekor, dan sirip anus. Dengan sirip yang bentuknya seperti itu bagian belakangnya mirip seperti sidat. Dalam bahasa Inggris ia disebut ikan kumis berekor sidat, “eel-tailed catfish”).

Ikan ini menghuni air tawar (perairan darat) dan perairan laut. Wilayah hidupnya lebih menyukai perairan hangat Indo-Pasifik, dari Jepang hingga Australia dan Fiji. Terdapat sekitar 35 spesies.

Asem-asem Ikan Sembilang

Ikan sembilang bisa diolah menjadi berbagai menu makanan yang lezat. Salah satunya ialah asem-asem. Kebanyakan ibu-ibu menggunakan ikan patin untuk jenis masakan ini, namun ternyata ikan sembilan pun enak dibuat.

Dengan dimasak asem-asem, daging ikan ini lebih lembut dari patin, durinya juga tidak banyak. Dengan begitu aman dikonsumsi oleh anak-anak.

Untuk membuat asem-asem, tidak dibutuhkan banyak bumbu rempah. Dengan memanfaatkan bumbu minimalis sudah bisa menghasilkan menu msakan yang menggoda selera.

Bahan-bahan :

500 gr ikan sembilang, yang sudah dipotong-potong
2 btg bawang daun, iris-iris
3-4 sdm air jeruk nipis (bisa diganti air asam jawa)
2 buah tomat, potong-potong
1 lt air
Jangan lupa minyak untuk menumisnya di atas wajan.

Bumbu halus :

3 bh bawang merah
3 siung bawang putih
1/4 sdt jahe bubuk
1/4 sdt merica bubuk
1 sdm kunyit bubuk atau sesuai selera
gula dan garam secukupnya

Cara membuat :

  • Panaskan sedikit minyak diwajan, tumis bumbu halus hingga harum.
  • Tambahkan air, setelah mendidih masukkan ikan.
  • Masak hingga ikan berubah warna.
  • Masukkan bawang daun, air jeruk nipis atau air asam jawa bersama potongan tomat.
  • Didihkan kembali dan koreksi rasanya.
  • Lanjutkan memasak hingga bumbu meresap.
  • Angkat dan sajikan.

Nah, Anda ingin mencoba memasak ikan sembilang dengan cara lain? (mat)

Baca juga ibu-ibu Jalasenastri mengolah masakan ikan sembilang

Loading...