Menteri Tjahjo: Muncul Fenomane ASN Perempuan Bersuami Lebih dari Satu

Loading...

Suarasiberdotcom – Seorang ASN pria yang memiliki lebih dari satu istri bukan barang baru. Lantas, apakah fenome yang sama juta terjadi di kalangan ASN perempuan?

Ternyata hal itu juga terjadi. Hal ini disampaikan sendiri oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo di Hotel Bidakara, Jakarta Pusat, Kamis (5/3/2020).

Ia mengakui banyak memutuskan perkara pernikahan, namun ASN perempuan yang memiliki lebih dari satu suami dinilainya sebagai sebuah fenomena.

Selama setahun ini, dia mendapatkan sekitar lima laporan kasus poliandri.

Untuk mengambil keputusan, ia harus melibatkan Badan Kepegawaian Nasional hingga Kementerian Hukum dan HAM. Yang tak boleh dilakukan ialah hanya mendapatkan informasi katanya. Melainkan harus ada bukti dari suami atau istri.

Sementara pada Maret 2020 lalu, Tjahjo menyoal poligami. Kala itu ia menilai di zaman sekarang ASN bisa lebih mudah untuk punya istri banyak. Syaratnya cuma satu, yaitu izin istri.

Padahal di zaman dahulu jika ASN pria ingin menambah istri harus mendapatkan izin atasan. Tak mengherankan banyak PNS punya istri empat, bahkan ada pejabat daerah sampai punya tujuh istri. (mat)

Loading...