free page hit counter

Lulusan UMRAH Juara Kompetisi ISEF Berbasis TikTok Bank Indonesia

Loading...

Apa yang terlintas di benak kalian ketika mendengar kata Tiktok? Stigma negatif tentang Tiktok yang beredar di masyarakat adalah aplikasi yang isinya cuma joget-joget doang.

Padahal enggak. Tiktok bukan hanya tentang joget-joget doang.

Sebenernya ada banyak banget informasi yang bermanfaat yang bisa kalian dapatkan dari Tiktok. Bahkan bisa jadi wadah promosi gratis untuk usaha atau bisnis kalian, loh.

Semua itu tergantung penggunanya. Bahkan saat pertama kali mendaftar akun tiktok, kalian akan diberikan opsi kategori video tiktok yang nantinya muncul di beranda kalian.

Ada tentang make up, memasak, seni, teknologi, olahraga dan lain sebagainya.

Apa yang sering kalian konsumsi di Tiktok, itulah yang akan muncul di beranda. Kenapa? Karena memang algoritmanya seperti itu.

Eits, ngomong-ngomong ada yang berhasil meraih juara 2 pada kompetisi Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) kategori video syariah berbasis Tiktok yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia bekerjasama dengan seluruh pemegang kepentingan yang terkait dengan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia.

Silha Wildania Utami, namanya. Gadis manis lulusan Teknik Informatika UMRAH yang dulunya pernah menjadi penerima beasiswa Bank Indonesia pada tahun 2018.

Ini merupakan kali kedua ia mendapatkan juara pada kompetisi video Tiktok. Sebelumnya, ia bersama rekannya pernah mendapatkan juara 3 lomba Tiktok pada Pekan QRIS Nasional 2020 yang diselenggarakan oleh Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia Kepulauan Riau pada 14-15
Maret 2020.

“Jadi saya mengambil tema tentang Islamic Social Finance atau ZISWAF (Zakat, Infaq, Sedekah, Wakaf) pada video Tiktok saya. Di video tersebut saya mengajak masyarakat untuk turut membantu meringankan beban saudara kita, khususnya yang terkena dampak pandemi Covid 19 melalui zakat, infak, sedekah dan wakaf.

Serta mengedukasi masyarakat bahwa dengan membeli dagangan orang itu termasuk dalam kategori bersedekah. Dan sedekah dapat menggerakkan roda perekonomian masyarakat. Selain itu, di era keterbatasan fisik seperti ini, bersedekah juga bisa dilakukan secara digital,” tuturnya kepada suarasiber, belum lama ini.

Penyelenggaraan ISEF meliputi forum, seminar, workshop, technical meeting, talkshow, business coaching, business matching, international showcase dan outlet pameran bagi pelaku usaha syariah, industri keuangan syariah, dan institusi keuangan sosial syariah (ZISWAF) serta
berbagai kompetisi.

Diantaranya lomba wirausaha berbasis masjid, lomba brand eksyar, lomba
mascot ISEF 2020, lomba video eksyar, lomba tiktok, lomba ide start up hingga lomba virtual photoshoot dengan total hadiah senilai 1 Milyar.

“Alhamdulillah. Kalau ditanya bahagia atau nggak ya jawabannya pasti bahagia ya. Karena salah satu resolusi saya di tahun 2020 ini tercapai atas izin Allah. Dari dulu saya memang pengen menjadi juara pada salah satu kompetisi yang diadakan oleh Bank Indonesia pusat.

Terkesan ambisius memang. Tapi nggak apa-apa. Kalau mimpi jangan tanggung-tanggung. Sekalian yang tinggi biar nggak kalah sama rasa takut dan insecure yang bersemayam dalam diri,” kata Silha.

Meskipun kegiatan ISEF tahun ini dilakukan secara virtual tetapi tidak menyurutkan antusias dan semangat para peserta lomba maupun webinar dalam mengikuti seluruh rangkaian kegiatan ISEF 2020. (mat)

Loading...