free page hit counter

Pernah Jadi Wanita Terkaya Indonesia, Istri Pendiri Gudang Garam Meninggal Dunia

Loading...

Suarasiberdotcom – Istri dari pendiri PT Gudang Garam Tbk Surya Wonowidjojo, Tan Siok Tjien, meninggal dunia di usia 91 tahun di Kediri, Minggu (25/10/2020).

Dari keterangan resmi keluarga Wonowidjojo, pihak keluarga telah mengebumikan jasad Tan Siok Tjien di kompleks makam keluarga yang berada di pabrik Gudang Garam.

“Sepanjang hidup, almarhumah telah memberikan teladan terbaik tentang nilai-nilai perusahaan yang terus dilestarikan hingga kini. Sebagaimana yang telah dicontohkan pula oleh pendiri perusahaan Bapak Surya Wonowidjojo,” bunyi keterangan resmi keluar Wonowidjojo dikutip detikcom, Rabu (28/10/2020).

Diberitakan suarasiber pada 11 Agustus 2020 lalu, Tan Siok Tjien masum daftar orang terkaya di Indonesia versi Bloomberg Billionaires Index.

Kala itu posisi Tan Siok Tjien ialah orang terkaya ke-4 di Indonesia, sementara di dunia ia menempati urutan 280.

Surya Wonowidjojo sendiri meninggal pada 1985 silam. Perusahaan kemudian dipimpin anak pertama Tan Siok Tjien, Rachman Halim. Rachman meninggal tahun 2008, dan hingga kini jabatan presiden direktur ditempati adiknya, Susilo Wonowidjojo.

Menurut Bloomberg Billionaires Index kekayaan yang dimiliki Tan Siok Tjien merupakan warisan mendiang suaminya.

Menurut laporan tahunan 2018, Tan Siok Tjien memiliki saham yang dipegang melalui perusahaan induk Suryaduta Investama dan Suryamitra Kusuma.

Sebelum 1990, Tan Siok Tjien disebut memiliki lebih dari 31 persen perusahaan dan merupakan pemegang saham perorangan terbesar.

Tan Siok Tjien terakhir kali tercatat sebagai pemegang saham individu dalam laporan tahunan Gudang Garam tahun 1999, tepatnya sebelum sebagian besar sahamnya dipindahkan ke perusahaan induk.

Menurut hitungan Bloomberg Billionaires Index, kekayaan Tan Siok Tjien lenyap sekitar US$ 2,27 miliar atau setara Rp36,4 triliun sejak dari awal tahun 2019. Penurunan terjadi karena rencana kenaikan cukai rokok di tahun 2020.

Tahun 2017 silam, Tan Siok Tjien juga sudah masuk daftar orang terkaya dengan kekayaan kala itu Rp124 triliun (kurs mata uang saat itu). Ia berada di peringkat 145 dari total 500 miliarder di seluruh dunia.(mat)

Loading...