Sri Mulyani Jadi Menkeu Terbaik Lagi di Asia Tenggara dan Pasifik

Loading...

JAKARTA (suarasiber) – Majalah Global Markets menobatkan Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati sebagai Finance Minister of the Year for East Asia Pacific, alias Menteri Keuangan terbaik di Asia Tenggara dan Pasifik tahun 2020.

Global Markets adalah majalah berita terkemuka di bidang pasar ekonomi internasional. Majalah ini diterbitkan pada saat pertemuan sidang tahunan IMF-World Bank Group.

Ini bukanlah kali pertama Sri Mulyani mendapatkannya. Sebab pada tahu 2018 lalu, Global Markets juga menganugerahinya penghargaan serupa.

Menurut Global Markets, penghargaan ini layak disandang Sri Mulyani atas kinerjanya mempertahankan reputasi keuangan Indonesia di tengah kondisi yang lebih menantang dibandingkan saat ia kali pertama menjabat lebih dari 10 tahun lalu.

“Gelar ini merupakan salah satu bentuk keseriusan dan kerja keras seluruh jajaran Kementerian Keuangan dalam menangani pandemi COVID-19 di Indonesia,” ujar Sri Mulyani dalam keterangannya, Senin (12/10/2020).

Pemberi penghargaan menilai komitmen pemberian stimulus fiskal dalam bentuk perlindungan sosial, insentif perpajakan, penjaminan pinjaman, dan subsidi bagi sektor usaha yang terdampak paling besar layak diapresiasi.

Selebihnya, keputusan untuk memperlebar defisit melebihi batas maksimum yang ditetapkan dalam undang-undang sebesar 3% dari PDB juga menjadi poin yang penting atas dipilihnya Sri Mulyani menjadi Menteri Keuangan terbaik.

“Penghargaan tersebut hendaknya menjadi pemicu perbaikan bagi pengelolaan fiskal. Sebab, tantangan Indonesia masih berat dan panjang ke depan. Raihan ini telah menandakan kita sudah on the right track,” kata Sri Mulyani.(mat)

Loading...