Fitur SMS Android Tak Ubahnya WhatsApp, Coba Sekarang

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Pesan singkat SMS menjadi fitur yang mungkin tak pernah lagi digunakan pengguna smartphone.

Tetapi tahukah Anda jika SMS juga bisa memiliki fitur yang mirip WhatsApp. Inilah yang bisa rasakan jika menggunakan SMA Android.

Suarasiber membuktikan seperti apa fitur tersebut pada salah satu ponsel Vivo. SMS tersebut merupakan bentuk Rich Communication Services (RCS), sehingga SMS pun serasa ber-WA ria.

Sebagai informasi RCS adalah teknologi pengiriman pesan generasi terbaru. Koneksinya berbeda dari SMS, RCS menggunakan data. Jadi bisa menggunakan kuota internet atau WiFi.

Beberapa hal yang dicoba menunjukkan SMS Android memang berbeda dengan SMS sebelumnya. Dengan teknologi RCS bisa menampung hingga 8.000 karakter.

Padahal SMS biasa hanya 160 karakter.

Di sini Anda juga bisa mengirimkan file berupa foto, dokumen atau video. Bisa juga mengirimkan lokasi, sticker yang sudah disediakan dan sudah dilengkapi emoticon.

Jika WA memiliki fasilitas WA Grup, SMS Android pun bisa menampung 100 anggota untuk satu grup.

Anda yang sudah paham dengan Google Assistant akan dibuat lebih mudah. Anda tak perlu repot buka browser, tinggal minta bantuan Google Assistant dan dikirimkan langsung ke pesan.

Tetapi bagaimana soal keamanan penggunanya? Tenang, sebab Google melakukan enkripsi end-to-end layanan pesannya ini.

Redpel suarasiber mencoba mengirimlan foto dan lokasi ke Pemred menggunakan SMS Android. Foto – suarasiber

Cara Menggunakan SMS Android

Ikuti langkah demi langkah agar SMS kalian di smartphone OS Androis serasa WhatsApp.

  • Pilihlah aplikasi pesan (SMS) bawaan Android dengan bentuk lingkaran biru di tegahnya ada gambar seperti lembaran buku ada garisnya berwarna putih. Kalau belum ada silakan unduh dahulu lewat Play Store.
  • Pada setingan pesan, aktifkan SMS Android sebagai aplikasi default. Jika ada notifikasi untuk mengubah layanan pesan menjadi lebih baik, tekan Agree
  • Maka Anda sudah bisa mengirimkan pesan dalam beragam bentuk dan fotmat.
  • Saat pertama membuka ikon SMS Android, maka tekan saja Start Chat di bagian bawah kanan.
  • Pada kotak To, cari dengan siapa Anda mau ber-SMA, pilih langsung dari daftar kontak yang ada di smartphone.
  • Jika ingin menuliskan kalimat tinggal ketik di kotak Text message.
  • Di sebelah kanan kotak ada pilihan emoticon. Di sebelah kirinya ada icon foto dan video. Klik jika Anda ingin mengirimkan foto atau video yang dikehendaki.
  • Di sebelah kiri ada tanda + (plus) dalam lingkaran. Saat diklik muncul jendela baru.

Default akan terpampang aneka animasi gif. Temanya ada love, yes, kiss, hello, hug, party, angry, excited dan sebagainya.

Menunya bisa digeser menyamping. Sedangkan scroll ke bawah akan menemukan pilihan stickers, di bawahnya ada pilihan lokasi, di bawahnya Google Assistant.

Anda tinggal mengatakan apa kepada maka secara otomatis hasil pencarian bisa dikirimkan ke SMS.

Semoga bermanfaat. (mat)

Loading...