Cara Optimasi Google Bisnisku dengan SEO Lokal

Loading...

Cara optimasi Google Bisnisku sebenarnya tidak terlalu sulit. Namun akan menjadi pekerjaan yang membingungkan kalau sobat malah justru belum tahu apa itu Google Bisnisku atau Google My Business.

Ini merupakan sebuah tools yang sudah disediakan secara gratis oleh Google. Baik hati amat yak Google? Nah, karena itulah sobat seyogyanya memanfaatkannya dengan semaksimal mungkin.

Dengan demikian semua orang di dunia bisa dengan mudah menemukan informasi bisnis kalian. Tentunya dengan pengelolaan yang oke banget, calon konsumen akan menemukan informasi yang cukup dari bisnis tadi.

NAT di Google Bisnisku

Untuk membuat tools besutan Google ini memberikan manfaat yang maksimal, ada baiknya sobat perhatikan tiga huruf, yakni NAT. Hadeeh apa lagi itu ya?

Cantumkan Nama, Jangan Disembunyikan

Bisa kalian bayangkan jika menemukan informasi sebuah tempat usaha namun tanpa nama. Jangan samakan bisnis dengan kalimat Shakespeare: apalah arti sebuah nama hehe.

Nama usaha jelas penting sobat. Kalau nggak penting ngapain pemilik usaha rela ngeluarin duit banyak.

Mereka lalu buat papan nama yang gede. Pakai teknologi pula, ada yang animasi, videotron dan sebagainya.

Lengkapi Alamat agar Konsumen Gak Kesasar

Apalagi yang ini. Google My Business yang dikelola dengan baik pasti mencantumkan alamat.

Alamat ini bisa menjadi poin yang sangat penting. Zaman sudah canggih, WhatsApp saja bisa kirim lokasi seseorang untuk dicari.

Demikian juga Google My Business, isi kolom info sobat dan pastikan alamat sudah terisi. Alamat ini akan otomatis terpilih di peta dunia maya yang juga milik Google, Google Maps.

Enak kan kalau misalnya seseorang hubungi kalian, dapat nomor dari tools ini. Kalian tinggal bilang klik saja rute lalu ikuti, sampai deh.

Pentingnya Telepon di Cara Optimasi Google Bisnisku

Yang terakhir ialah nomor ponsel, kalau mau ngisi nomor telepon rumah juga boleh hehe.

Kayaknya yang terakhir ini nggak perlu deh dijelaskan panjang lebar. Kalian semua pasti sudah paham betapa pentingnya nomor ponsel bagi sebuah usaha.

Mendukung SEO Lokal

Kalau kalian bikin akun Google Bisnisku hanya untuk gaya-gayaan, nggak ada artinya. Kalau sudah buat akun dan dapat PIN untuk diverifikasi gunakan untuk kepentingan SEO lokal.

Yealah zaman segini masih nanya apa itu SEO. Kependekan dari search engine optimation, yakni sebuah cara agar apa yang kalian lakukan mudah ditemukan di mesin pencari.

Sedangkan SEO lokal adalah upaya mengoptimasi website atau blogshop atau toko online kalian di mesin pencari. Ditekankan untuk pencarian lokal.

Bukti kalau Google sekarang mengembangkan pencarian lokal, misalnya kalian tulis bakso urat.

Nah yang keluar kan daftar tempat bakso urat yang jaraknya terdekat dari kalian berada. Mengapa hal semacam ini nggak kalian pikirkan untuk memperkenalkan bisnis sendiri?

Ini data nih, dari Google buat kalian supaya tergugah:

  • Bahwa 88% pengguna mobile melakukan pencarian informasi secara lokal. Nggak perlu cari sesuatu yang jauh-jauh kalau di kotanya ada.
  • Lalu, 51% pencarian google menggunakan mobile device atau ponsel. Nggak zamannya lagi sekarang angkat-angkat komputer yang pakai layar tabung itu. Capek, pegel hehe.
  • Dan, 151 jt pengguna aktif internet di Indonesia. Tangkap peluang ini bro…

Nah, jika sudah seperti ini jangan deh kalian suka matikan fitur lokasi atau GPS. Apalagi yang punya bisnis dan jualannya di internet, yealah lokasinya mati mulu. Kapan lakunya produk kalian?

Saya kutip dari pernyataan seorang Blogger, Indra Kusuma, klaster pencarian seperti itu memang disengaja Google.

Maksudnya untuk mengurangi beban server miliknya serta mempercapat hasil pencarian. Cara kerjanya tak ubahnya CDN, semua pencarian berbau lokal.

Ke depan pencarian di Google bakal seperti itu, maka sudah saatnya mengoptimasinya.

Cara Optimasi Google Bisnisku

Seperti sudah disenggol dikit di atas, isilah semua yang dibutuhkan saat membuka form-nya. Semakin lengkap kalian mengisinya akan semakin komplit informasi tentang bisnis atau blog kalian.

Jika merasa kok banyak sekali saingan kalian, keywordnya juga saling sikat dan sikut, lakukan optimasi dalam bentuk review.

Lengkapi dengan memberikan rate bintang. Semakin banyak review di punya kalian, semakin bagus peringkat punya kalian.

Ingat, gunakan keyword utama dalam membuat deskripsi produk. Hal yang sama juga dilakukan saat mengunggah foto.

Jangan gunakan keyword yang kalian gunakan untuk nama Google Bisnisku. Lebih baik gunakan brand atau nama produk.

Memang nggak boleh ya menggunakan keyword nama akun?

Karena itu mengangkangi TOS Google Bisnisku dan kemungkinan akun kalian bisa diedit sama kompetitor.

Naga-naganya, kompetitor bisa kirim surat ke Mbah Google dan minta akun kalian dihapus dari peredaran. Sakiiit….

Semoga artikel Cara Optimasi Google Bisnisku ini bermanfaat bagi sobatsiber. (mat)

Loading...