Update Covid Kepri 23 Maret 2020, 3 Warga Batam Positif, 1 Meninggal

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepri dr H Tjetjep Yudiana merilis data terbaru Covid-19 di Kepri. Hingga Senin 23 Maret 2020, tiga orang warga Batam dinyatakan positif terpapar virus corona, sementara yang meninggal 1 orang.

Tjetjep juga menjelaskan, distribusi kasus berdasarkan kategori pasien dalam pengawasan (PDP) dan orang dalam pengawasan (ODP) di Kepri sebagai berikut:

  • Kota Batam, ODP 353 orang, PDP 32 orang
  • Kota Tanjungpinang, ODP 63 orang, PDP 13 orang
  • Kabupaten Bintan, ODP 18 orang, PDP 1 orang
  • Kabupaten Karimun, ODP 155 orang, PDP 5 orang
  • Kabupaten Anambas, ODP 5 orang, PDP 2 orang
  • Kabupaten Lingga, belum ditemukan ODP maupun PDP
  • Kabupaten Natuna, ODP 27 orang, PDP 1 orang

“Totalnya 621 orang kategori ODP dan 54 orang PDP,” ujar Tjetjep.

Terkait hasil tes lanjutan kasus positif, hasil laboratorium lanjutan (Uji Tahap I) menunjukkan pasien positif (1 orang) di Tanjungpinang sudah dikonfirmasi negatif (1 kali). Pasien harus dikonfirmasi 2 kali negatif saat uji lanjutan baru yang bersangkutan dinyatakan sembuh.

Sementara korban yang meninggal pada 19 Maret di RSUD Rembung Fatimah diketahui sebelumnya bepergian ke Bogor. Data dari Dinas Kesehatan Kota Batam, pasien ketiga ini kontak dekat dengan 60 orang.

Guna mengantisipasi penyebaran, ke-60 orang tersebut telah dikarantina. Selain itu sampel cairan tenggorokan mereka telah diambil. Dari hasil pelacakan, tempat yang sempat disinggahi korban meninggal diantaranya pesawat yang ditumpangi pasien dari Jakarta, kediaman pasien, mobil yang ditumpangi pasien dari bandara, puskesmas yang didatangi pasien dan rumah sakit swasta yang dikunjungi.

Sebelum dirujuk ke RSUD Embung Fatimah korban ada di RS swasta di Batam. (mat)

Loading...