Patroli Polisi dan TNI Bubarkan Masyarakat yang Kumpul-kumpul

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Polres Tanjungpinang bersama Koramil 01/0315 Bintan melakukan patroli gabungan, Senin (23/3/2020) malam. Sejumlah warga yang ditemukan masih kongkow dibubarkan secara halus.

Sekaligus, diberikan penyuluhan singkat tentang bahaya covid-19. Dan, perlu dicegah dengan pembatasan sosial (social distancing). Seperti dengan membatasi berkumpul-kumpul.

Kegiatan ini melibatkan puluhan personel gabungan dari Polri/TNI, dengan menggunakan 4 unit mobil patroli.

Kegiatan patroli gabungan yang terdiri dari personil Sabhara, Provost Polres Tanjungpinang, personel Polsek Tanjungpinang Kota dan Babinsa Koramil 01/0315 Bintan tersebut dipimpin oleh Kasat Sabhara Polres Tanjungpinang AKP Darmin SSos.

Sasaran patroli meliputi wilayah Kecamatan Tanjungpinang Kota. Khususnya yang menjadi sasaran patroli, adalah tempat-tempat yang menjadi lokasi warga berkumpul.

Di antaranya di sekitar Jalan Merdeka, Jalan Teuku Umar, Jalan Yusuf Kahar, Jalan SM. Amin, Jalan Hang Tuah, Jalan Pos, Jalan Pasar Ikan dan Jalan Pelantar II.

Hal itu disampaikan Kapolres Tanjungpinang AKBP Muhammad Iqbal melalui Kasat Sabhara Polres Tanjungpinang AKP Darmin.

“Sasaran kita ke tempat yang ada kumpulan atau kerumunan massa, Kita berikan imbauan, penekanan dengan mengedepankan tindakan persuasif. Untuk menghindari kerumunan ini agar tidak sampai malam,” kata Darmin.

Di kafe atau restoran, ujarnya, diberikan imbauan dan dibubarkan dengan cara yang halus. Adapun himbauan yang disampaikan kepada masyarakat dalam rangka pencegahan covid-19, adalah:

  1. Untuk tetap berada di rumah, hindari tempat umum dan jika terpaksa gunakan masker jika sedang sakit.
  2. Untuk tidak mengadakan kegiatan masyarakat yang menyebabkan berkumpulnya massa dalam jumlah yang banyak.
  3. Agar tetap tenang dan tidak panik serta lebih meningkatkan kewaspadaan di lingkungan masing-masing dengan selalu mangikuti informasi dan imbauan pemerintah.
  4. Menjaga jarak orang perorang minimal satu meter.
  5. Melakukan dan tingkatkan Germas (Gerakan masyarakat hidup Bersih dan Sehat) yaitu :

a. Cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir atau hand sanitizer secara rutin.
b. Batasin menyentuh wajah, hidung, mulut dan mata sebelum mencuci tangan.
c. Terapkan etika batuk: tutup mulut dan hidung dengan tisu atau lengan atas bagian dalam.
d. Gunakan masker jika flu dan batuk.
e. Batasi berjabat tangan.
f. Tingkatkan daya tahan tubuh dengan komsumsi gizi seimbangan, minum air putih yang cukup dan lakukan aktivitas fisik minimal 30 menit per hari. (mat)

Loading...