Polisi Tangkap Narkoba Sabu-sabu Bernilai Rp864 Miliar, 1 Tersangka Ditembak Mati

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Narkoba jenis sabu-sabu dengan berat sekitar 288 Kg dengan nilai sekitar Rp864 miliar, ditangkap polisi, Kamis (30/1/2020) pagi. Satu dari tiga tersangka tewas ditembak.

Setelah terjadi kejar-kejaran ala film James Bond dan dilanjutkan dengan baku tembak antara polisi dengan tersangka pelaku. Yang diduga jaringan pengedar asal Iran. Ketiga tersangka itu berinsial G, A, dan (IA).

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Drs Nanan Sujana, mengatakan ketiga tersangka melakukan perlawanan. Diperkirakan mereka memiliki lebih dari sepucuk senjata api

“Sehingga anggota unit opsnal melakukan tindakan tegas dan terukur. Yang bersangkutan meninggal dunia,” kata Nanan sebagai dirilis situs resmi Humas Polti, Jumat (31/1/2020).

Kronologi kejadiannya, ujar Nanan, berawal saat tim Glgabungan Opsnal Subdit 2 dan Subdit 3 Ditnarkoba Polda Metro Jaya mendapat laporan dari tim di lapangan, Kamis (30/1/2020) pukul 05.00 WIB.

Diinformasikan akan ada sebuah mobil box yang akan mengangkut narkotika jenis sabu untuk didistribusikan di wilayah Jakarta.

Mendapatkan informasi itu, tim gabungan yang dipimpin AKBP Raden Bagoes, Kompol Awaludin Amin dan Kompol Malvino Sihotang, melakukan patroli dan penyisiran di seluruh tol di Jakarta.

Pada saat melakukan penyisiran, tim gabungan Opsnal Subdit 2 dan Subdit 3 bersama dengan Tim Tindak Dit Narkoba Polda Metro Jaya melihat sebuah mobil box berwarna silver melaju kencang. Geraknya mobil dari arah Merak ke Jakarta ini, mencurigakan.

Kejar-kejaran seperti di Film Aksi

Mobil box tersebut kemudian dikejar dan berusaha dihentikan oleh tim. Namun mobil box itu menambah kecepatan. Kejar kejaran ala adegan di film aksi pun terjadi. Bahkan, sempat terjadi senggolan dengan mobil anggota.

Tiga tersangka yang membawa mobil box tersebut tak kunjung menyerah dan mengabaikan tembakan peringatan petugas.

Sampai akhirnya setelah melewati jalur Tol Merak menuju Jakarta, polisi berhasil menghentikan para pelaku di Perumahan Cluster Symphonia Serpong, Tangerang Selatan.

Bukannya menyerah, tersangka justru melakukan perlawanan dengan menembaki petugas. Sehingga terjadi aksi baku tembak dengan polisi.

Upaya polisi akhirnya membuahkan hasil. Setelah seorang tersangka dilumpuhkan dengan tembakan terukur.

Setelah dilakukan penggeledahan terhadap mobil box, tim menemukan 288 Kg sabu-sabu yang disimpan dalam kotak tupperware.

“Ini hampir 300 kilogram, jadi kalau bisa dirupiahkan harga sabu per gram Rp 3 juta, kalau dirupiahkan sekitar Rp864 miliar. Suatu nilai uang sangat besar tentunya,” ujar Nanan Sujana. (mat)

Loading...