Kabupaten Kepulauan Anambas Siap Go Internasional

Loading...
Banner Anambas Kiriman

ANAMBAS (suarasiber) – Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris dan pejabatnya baru-baru ini audiensi dengan beberapa pejabat kementerian, termasuk dirjen dan duta besar.

Diantaranya dengan Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik, Cecep Herawan serta Diar Nurbintoro salah satu perwakilan Duta Besar Indonesia untuk Hungaria di Kementrian Luar Negeri. Pertemuan dilaksanakan di Jakarta, 2 Desember lalu.

Audiensi dihadiri juga oleh Kepala Pusat Fasilitasi Kerja Sama Sekretariat Jenderal Kementerian Dalam Negeri, Kepala Seksi Ekonomi dan Budaya Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri.

Sementara dari Kabupaten Kepulauan Anambas ada Ketua DPRD Anambas, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi, Kepala Bagian Tata Pemerintahan, dan Kepala Bagian Umum dan Keuangan Sekretariat Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas.

Foto – bumas anambas

Pertemuan di ruang rapat VIP Kementerian Luar Negeri ini bertujuan untuk mendorong optimalisasi pembangunan berkelanjutan dengan menggerakkan potensi unggulan yang bersifat strategis di Bidang Pariwisata, Perikanan, Perindustrian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia berskala Internasional.

Bupati Haris menyampaikan banyak potensi di berbagai sektor yang dimiliki Kabupaten Kepulauan Anambas. Dan itu belum terekspose secara maksimal baik itu di Indonesia maupun mancanegara.

“Untuk itu perlu adanya dukungan penuh dari Pemerintah Pusat, salah satunya ya dari Kementrerian Luar Negeri ini,” ujarnya.

Tak lupa Haris menjelaskan posisi geografis kabupaten yang dipimpinnya. Berdekatan dengan negara-negara ASEAN dan Bupati Haris melihat peluang tersebut harus dimanfaatkan.

“Bisa dengan menjalin kerja sama luar negeri sesuai dengan potensi unggulan yang ada saat ini,” sambungnya.

Bupati juga berharap Kabupaten Kepulauan Anambas dilibatkan dalam program – program yang ada di Kementerian Luar Negeri seperti Island Development, Promosi dan Kerjasama Investasi, Diplomatic Tour dan sebagainya.

“Ada kurang lebih 132 kantor perwakilan negara asing di Indonesia. Saya ingin kerja sama luar negeri ini segera terealisasi, seperti terjadi di kabupaten kabupaten lainnya,” kata Haris.

Kerja sama yang dimaksud Haris bisa menyasar sektor pariwisata, pendidikan, perikanan dan bidang lain. Dengan demikian potensi Kabupaten Anambas semakin dikenal oleh banyak negara.

Menurut Bupati Haris, pada intinya Kabupaten Anambas siap untuk berinovasi dan go internasional demi meningkatkan pembangunan yang berkelanjutan dan menjadi lebih baik. (hs)

Loading...