Pemkab Lingga Terima Penghargaan dari Mendagri, Tjahjo: Jangan Sampai Kena OTT KPK

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Keterbukaan anggaran yang dilakukan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Lingga, diganjar penghargaan oleh Mendagri. Selain Pemdakab Lingga, ada delapan daerah lainnya yang menerima penghargaan itu.

Adapun kesembilan Pemda itu, adalah:

  1. Untuk tingkat provinsi: Pemprov Banten, Pemprov Papua, dan Pemprov Jambi.
  2. Untuk tingkat kabupaten: Pemkab Lingga, Pemkab Bolaang Mongondow, dan Pemkab Klaten.
  3. Untuk tingkat kota: Pemko Makassar, Pemko Pagar Alam, dan Pemko Pekalongan.

Kesembilan Pemda ini, dinilai sukses mengintegrasikan pengerjaan, dan penganggaran berbasis elektronik ke dalam Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD).

Penghargaan untuk Pemkab Lingga diterima Juramadi Esram, Sekdakab Lingga, di Ballroom Hotel Grand Paragon, Jakarta, Selasa (15/10/2019). Sebagaimana dirilis kemendagri.go.id.

Penghargaan diserahkan Mendagri Tjahjo Kumolo. Kepada sembilan daerah ini, Tjahjo berpesan, agar jangan sampai kena tangkap KPK.

Saat menyerahkan penghargaan Tjahjo didampingi Ketua KPK Agus Rahardjo dan Dirjen Bina Pembangunan Daerah, Hudori.

Penyerahan penghargaan ini disejalankan dengan launching Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) melalui Sosialisasi Permendagri Nomor 70 Tahun 2019 tentang SIPD.

SIPD, adalah sistem informasi yang memuat sistem perencanaan pembangunan daerah dan sistem keuangan daerah. Kemudian, sistem pemerintahan daerah yang lain. Termasuk sistem pembinaan, dan pengawasan pemerintahan daerah.

Acara diikuti oleh sekitar 800 orang peserta yang terdiri atas Sekda Provinsi se-Indonesia, para kepala Bappeda se-Indonesia, Sekda Kabupaten/Kota terutama yang akan menyelenggarakan Pilkada Tahun 2020, dan Kepala Bappeda Kabupen/Kota.

Acara juga dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dan Ketua KPK, Agus Rahardjo. (mat)

Loading...